BEM FH UNSA gelar Debat 4 Fundamental Kebangsaan se-Pulau Sumbawa

Sumbawa Besar, BERBAGI News – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samawa (BEM FH UNSA) memiliki agenda tahunan bergengsi yang dilaksanakan setiap tahunnya, yaitu Kompetisi Debat 4 Fundamental Kebangsaan Jilid 2 Se-pulau Sumbawa.

kegiatan  ini berlangsung dari tanggal 10 s/d 5 Januari 2022 yang diadakan di ruang peradilan semu Fakultas Hukum Universitas Samawa, untuk Technical Meeting telah di laksanakan pada Kamis 6 Januari 2022.

Rangkaian acara di hari pertama meliputi Technical Meeting lomba Debat yang dilaksanakan pukul 08.30 WITA di Ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum, Jl. Yos Sudarso No.16-14, Seketeng. Technical meeting dihadiri oleh peserta dan pembina yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di pulau sumbawa

Technical Meeting dimulai oleh sambutan dari ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum yaitu Nanda Bayu dermawan. Mahasiswaa Fakultas Hukum angkatan 2018 menyambut ramah para peserta .

“kegiatan debat 4 fundamental kebangsaan adalah kegiatan yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa di tahun ke 2, dan ini adalah program kerja tahunan mahasiswa dan diharapkan dari kegiatan ini siswa SMA, SMK dan MA dapat memahami 4 fundamental berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika”. seru Ketua BEM.

“Bismillahirrahmanirrahim secara prinsip putra-putri Sumbawa atau pulau Sumbawa pada umumnya punya peluang dan potensi untuk maju itulah salah satu dasar kenapa fakultas hukum universitas samawa mengadakan acara ini untuk memupuk nilai kebangsaan nilai nasionalisme dan kebhinekaan karena siswa-siswi yang ada di pulau Sumbawa itu tinggal di poles saja untuk bisa lebih maju memupuk semangat kebangsaan kita sehingga nanti di dalam acara debat 4 pundamental kebangsaan ini sudah terbiasa hal-hal yang berhubungan dengan demokrasi, hal-hal berhubungan dengan otonomi daerah, hal-hal berhubungan dengan politik dan demokrasi kebangsaan sehingga kedepannya bisa menjadi spirit bersama dalam memajukan bangsa dan negara kita” ujar dekan Fakultas Hukum, Dr. Lahmudin Zuhri, S.H.,M.Hum saat membuka acara kegiatan.

Baca Juga :  Semarak Tablik Akbar Bersama Naja Hafiz Cilik Indonesia di Narmada

Pemaparan Technical Meeting ini meliputi regulasi lomba debat dan kesepakatan bersama antara pihak panitia dan pihak pembina peserta, seperti durasi waktu debat, durasi presentasi, dan lain sebagainya. Para peserta mendengarkan dengan seksama pemaparan technical meeting oleh ketua panitia debat. Tamri Ardila Peraih beasiswa bergensi GENBI ini juga menekankan adanya sportivitas dalam perlombaan debat kepada peserta.

“Semoga technical meeting ini dapat menjadi awal dari perlombaan, sehingga esok hari bisa dilaksanakan dengan lancar,” ujar Tamri.

Adapun jumlah sekolah yang telah mendaftar di dalam perlombaan debat 4 fundamental kebangsaan jilid 2 ini, yaitu 17 sekolah sepulau Sumbawa. Pihak sekolah  telah mengirimkan 18 tim untuk ikut serta dalam perlombaan ini, dan batas pendaftaran debat akan di tutup pada 7 janurai pukul 12.00 WITA, pihak sekolah dapat mengirimkan 3 tim untuk ikut dalam perlombaan, yang satu timnya beranggotakan 3 orang. Pendaftaran dilakukan bisa secara offline mendatangi Fakultas Hukum Universitas Samawa yang beralamat di jalan Yos Sudarso No.9 (samping SMP N 1 Sumbawa Besar) atau bisa secara online melalui link https://forms.gle/75vx2P46yXg57PQu6 . (rd)