by

IKRAR Merajut Bantaran Jangkuk Guna Pemberdayaan Ekonomi

Mataram, BERBAGI News – Wajah Kota Mataram, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), kini makin cantik dengan tertatanya bantaran Sungai Jangkuk, kini menjadi tempat bermain, belajar, dan rekreasi keluarga.

Seperti gayung bersambut dengan asa, IKRAR (Ikatan Remaja Kreatif) Kebun Bawak Barat, Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan yang terbentuk tahun 2017 ini berkolaborasi dengan masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf perekonomian yang lebih sejahtera berniat dengan bismillah membentuk suatu wadah angkringan yang akan menyajikan wajah baru angkringan kopi dan kuliner jajanan khas Lombok. Hal ini tidak luput juga dari dukungan Pemerintah Kelurahan.

Sembari duduk santai diskusi perencanaan penataan yang akan direncanakan dilokasi ruang terbuka jalanan bantaran sungai sepanjang kurang lebih 500 meter.

“Niat yang kuat dan tulus serta dukungan warga yang terpenting terlebih kedepannya akan kita rencanakan untuk menjadi Car Free Night setiap minggunya, acaustik musik dan tempat aerobic,” ucap Lurah Pejeruk, Lalu Bagus Afriady, S.Adm saat diskusi berlangsung. Selasa (11/01/2022) malam.

Semoga setiap pergerakan tulus IKRAR ini dapat menuai hasil sesuai dengan yang diharapkan, terlebih IKRAR juga merupakan KMPS (Komunitas Masyarakat Peduli Sungai), yang selalu menjaga kebersihan sungai jangkuk dari sampah hingga terlihat bersih meski belum mencapai 100 persen.

“Ya. Perlahan tapi pasti, bayangan prospektif IKRAR,  mulai tampak nyata melalui “BeJangkuk”. Sebuah nama yang tidak asing terdengar seperti sebutan bahasa Lombok yang diartikan “ke sungai jangkuk”, nama ini sebagai ajakan untuk berkunjung ke sungai jangkuk,” Jelas Ketua Remaja, Rifki.

Harapan ke depan, tentunya, dengan keberadaan BeJangkuk ini dapat menambah keasrian Kota Mataram sebagai Kota yang bertumbuh kembang dengan nuansa wisata kotanya. menjadi ikon tempat wisata kuliner baru warga Ampenan,  Kota Mataram sebagai ruang publik yang ramah anak, bersih dan dikelola dengan baik sehingga dapat berumur panjang dan berkelanjutan. (edy)

News Feed