Debat 4 Fundamental Kebangsaan se-Pulau Sumbawa Resmi Dibuka

Daerah575 views

BERBAGI News – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samawa (BEM FH UNSA) melaksanakan acara pembukaan debat 4 Fundamental dengan mengambil tema “Meneguhkan 4 Fundamental Kebangsaan Sebagai Prinsip Dasar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara”. Selasa (12/01/2022)

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Samawa Bapak Prof.Dr Syaifudin Iskandar M.Pd yang dalam hal ini diwakili oleh wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan, alumni kerja sama dan humas universitas samawa Bapak Dr.Syafruddin S.E., MM, bupati Sumbawa Bapak Drs,H Mahmud Abdullah yang dalam hal ini diwakili oleh asisten pemerintah Bapak Ir.H.Iskandar D.mec.dev, dekan fakultas hukum Bapak Dr. Lahmuddin Zuhri, S.H.,M.Hum, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Nanda Bayu Dermawan dan lembaga-lembaga instansi lainnya, yang dimulai dari tanggal 10 Januari s/d tanggal 12 Januari 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak diantaranya : BAPPEDA KABUPATEN SUMBAWA, BANK NTB SYARIAH, KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI NTB CABANG SUMBAWA, INSPEKTORAT KABUPATEN SUMBAWA, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SUMBAWA, KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SUMBAWA, BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN SUMBAWA, IMIGRASI KELAS 2B KABUPATEN SUMBAWA, BARAS 169, IKATAN NOTARIS INDONESIA, SUMBAWA LAW OFFICE AND LEGAL CONSULTAN, BERBAGI NEWS, DINAS LINGKUNGAN HIDUP, TIRTA DARMA PERUMDAM BATU LANTEH KABUPATEN SUMBAWA, PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SUMBAWA, KEMENTRIAN AGRARIA DAN TATA RUANG BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN SUMBAWA , ASOSIASI PARIWISATA NASIONAL dan KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN SUMBAWA di Gedung Auditorium Universitas Samawa.

Acara ini resmi dibuka oleh bupati Sumbawa yang diwakili asisten pemerintah Bapak ir.H.Iskandar D.mec.dev , Bupati Sumbawa sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena dinilai kegiatan ini sangat baik bagi siswa dan siswi sepulau Sumbawa untuk belajar memahami tentang 4 fundamental kebangsaan.

Baca Juga :  Jaga dan Cegah Gangguan Kamtibmas, Polresta Mataram Lakukan Ops Bina Kusuma Rinjani

Melalui sambutannya, beliau mengatakan “bahwa bukan lagi zamannya diam itu emas, padi merunduk itu berisi. Tetapi sekarang saatnya untuk banyak bicara, karena orang pintar saat ini banyak bicara. Oleh karena itu kita harus menginspirasi kegiatan debat 4 fundamental karena ini mengajarkan siswa siswi untuk belajar mengungkapkan pendapat di depan umum dan melatih untuk berfikir kritis,” jelasnya.

Tujuan diadakannya lomba debat ini adalah untuk melatih siswa bersikap kritis terhadap semua teori yang telah diberikan, mampu merespon sebuah masalah karena dalam perlombaan ini akan adanya suatu proses saling mempertahankan pendapat di antara kedua belah pihak, memantapkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan, melatih Siswa untuk mematahkan pendapat lawan-nya dan melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat di depan umum.

Dalam debat kali ini sudah disediakan 9 Mosi yang akan di perdebatkan yaitu : Amandemen UUD terhadap pemilihan presiden 3 periode, Peralihan kewenangan pemberian izin pengelolaan pertambangan dari pemerintahan daerah kabupaten menjadi kewenangan pemerintah provinsi pemerintah pusat, Revisi undang-undang KPK sebagai upaya pelemahan KPK, Penyetaraan kewenangan DPD RI dengan DPR RI sebagai lembaga tinggi Negara dalam pembentukan undang-undang, Masa jabatan kepala desa 3 periode, Menghidupkan kembali garis-garis besar haluan Negara, Pembentukan provinsi pulau sumbwa atau PPS, Mencabut tap MPRS NO/XXVI/1996 tentang pelanggaran ajaran komunisme, marxisme dan leninisme di Indonesia, Maraknya infestasi sector pertambangan di pulau Sumbawa.

Kegiatan Debat 4 Fundamental Kebangsaan jilid 2 ini berlangsung di Ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Samawa yang dihadiri oleh juri, para pembina dan peserta lomba debat yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di pulau Sumbawa.

Dalam kegiatan tersebut kami mengundang bapak Dr. Lahmuddin Zuhri,S.H.,M. Yang menjabat sebagai dekan fakultas hukum, Bapak Endra Syaifuddin S.H.,M.H selaku kaprodi fakultas hukum, Bapak Iwan Haryanto, S.H.,M.H, Bapak Syiis Nurhadi, S.H.,M.H, Dea guru Drs.H.AM.Jihad, Bapak Heri Kurniawanayah,S.AP.,M.PA, Bapak Mahkamah Ikbal Perdana Putra, S.H.,M.Kn, Bapak Dr. Adnan, M.pd dan Bapak Surahman, S.H.,M.H yang bekerja sebagai advokad. Di perlombaan debat 4 fundamental kebangsaan jilid 2 ini SMA 1 LAPE sebagai juara 1, SMA 3 SUMBAWA BESAR sebagai juara 2 dan SMA 1 MARONGE sebagai juara 3.

Baca Juga :  Perdana, Alumni SMA Negeri 1 Lingsar Magang ke Jepang

“semoga apa yang menjadi tujuan utama kompetisi debat 4 fundamental kebangsaan jilid II ini dapat tercapai secara maksimal dan para pelajar dapat memahami tentang pentingnya meneguhkan 4 fundamental kebangsaan yaitu Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan Undang-Undang Dasar 1945,” harap Tamri Ardila selaku Ketua Panitia. (lz)