by

Kreatif, PMM UMM Sulap Limbah PVC Menjadi Rak Buku Literasi

BERBAGI News – Pandemi Covid-19 ini cukup dirasakan oleh anak-anak Desa Sidomulyo untuk melaksanakan belajar secara online, yang notabene anak anak tersebut jauh dari teknologi untuk mensupport pembelajaran daring. Oleh karena itu, Ibu Azizah mewadahi tempat belajar bersama PMM UMM (Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang) gelombang 15 kelompok 93 melakukan kreasi membuat rak buku literasi. Minggu (12/12/2021).

Pelaksanaan kegiatan ini sebagai penambahan fasilitas di sekolah alam ilalang, bertujuan untuk menarik minat baca anak-anak sekolah alam ilalang yang terbuat dari limbah pipa pvc disulap menjadi rak literasi dengan ditambah sedikit kreatifitas yang mudah dibuat dengan harga ekonomis.

Menurut Lajer G, salah satu anggota PMM UMM ” kegiatan ini dilakukan guna membantu meningkatkan kualitas mutu SDM tertuama anak-anak dimasa pandemi. Apalagi pendanaan bersumber dari yayasan keluarga yang terbatas dan mengandalkan pendaanan dari relawan yang ingin menyumbangkan ke sekolah alam ilalang tersebut. Agar anak-anak di sekolah alam ilalang mendapatkan pendidikan dan pengetahuan yang setara dengan anak-anak yang mendapatkan pendidikan secara umum di sekolah,” jelasnya.

Sekolah alam ilalang di dirikan oleh Ibu Azizah sejak tahun 2016 yang lalu. Sekolah ini merupakan tempat belajar bagi anak-anak dari berbagai latar belakang, dan siapa saja yang ingin belajar diluar selain tempat sekolah (outdoor).

Kedermawanan dan rasa kepedulian yang tinggi Ibu Azizah terhadap hidup anak-anak di Desa Sidomulyo khususnya yang memiliki latar belakang ekonomi keluarga kurang layak bagi anak anak dibawah umur, mendorongnya untuk mendidik dan mengarahkan anak anak tersebut serta menjadikan anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak pada umumnya. (Ali).

Baca Juga :  Intip Cara Produksi Gula Aren Tradisional Desa Karang Bayan