by

Bangkitkan Wisata, Desa Duman Study ke Tetebatu

Lombok Barat, BERBAGINews – Guna mengembangkan potensi wisata, aparat desa, pokdarwis dan komponen masyarakat Desa Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat melakukan pembelajaran ke Desa Tetebatu.

Desa yang turut meramaikan perlombaan desa wisata tingkat dunia ini, memberi inspirasi bagi aparat desa dan steakholder lainnya di Desa Duman untuk berbuat lebih baik dari Desa Tetebatu.

“Kami memang tidak memiliki potensi kekayaan alam seperti Desa Tetebatu. Tapi, kami yakin bisa mengembangkan Desa Duman lebih baik dari desa Tetebatu,” jelas Kepala Desa Duman, Suhardy saat kunjungan ke Desa Tetebatu, Sabtu (15/01/2022).

Menurutnya, kekayaan alam Desa Duman tidak kalah dengan Tetebatu, hanya pengelolaan manajemen yang perlu dikembangkan.

“Kami ingin belajar, bagaimana mengembangkan potensi alam bagi kemajuan pariwisata yang berdampak terhadap pengembangan ekonomi masyarakat,” paparnya.

“Kekayaan alam Desa Duman tidak bisa diabaikan baik dari sisi budaya, religiusitas, keindahan alam atau potensi ekonomi seperti kuliner tradisional. “Semua ada. Kami ingin bergerak dan menggerakkan ekonomi dari sisi pariwisata,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Suhardy menegaskan, untuk mewujudkan mimpi masyarakat Desa Duman yang maju di bidang pariwisata , pihaknya siap bersama masyarakat membangun program kepariwisataan.

“Insha Allah, tahun 2022 ini kita sudah bisa mulai,” tegasnya.

Sementara, Sekretaris Desa Tetebatu Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, Hermiwandi menjelaskan sinergisitas seluruh unsur masyarakat dalam pengembangan pariwisata mutlak dibutuhkan.

“Semua komponen masyarakat, harus terlibat aktif dalam kegiatan desa wisata,” jelasnya.

Menurutnya, kekayaan alam yang ada jika tidak dibarengi keramahan warga dalam menerima kunjungan wisatawan bisa berpengaruh bagi perkembagan pariwisata itu sendiri.

“Masyarakat juga harus siap menerima wisatawan dengan kearifan lokalnya,” katanya. (dsh)

Baca Juga :  Nonton MotoGP Mandalika Sambil Keliling Lombok

News Feed