by

Pengembangan Usaha Tenun, KKN Tematik Unram Fokus Sosialisasi Pemasaran Melalui Sosial Media

Lombok Timur, BERBAGI News – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) melaksanakan sosialisasi terkait pengembangan usaha tenun dan pemasaran melalui sosial media sebagai aksesbilitas marketing di Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Rabu (26/01/2022).

Sehubungan dengan kondisi pandemi covid-19 belum berakhir, menyebabkan hampir seluruh daerah merasakan dampak perubahan ekonomi yang cukup signifikan, salah satunya pada sektor rumah tangga. Oleh karena itu, Mahasiswa Tematik Unram mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pengembangan kewirausahaan pada tenun yang merupakan potensi di Desa Pringgasela guna memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar serta menambah jiwa kewirausahaan.

“Sosial media merupakan salah satu media pemasaran yang cukup efisien dan efektif dalam kegiatan promosi serta cakupan konsumen yang sangat luas. Oleh karena itu, sosial media menjadi salah satu kebutuhan yang paling banyak digunakan pengusaha kecil maupun pengusaha besar dalam mempromosikan berbagai macam produk,” jelas Ketua KKN Unram Desa Pringgasela 2022 Abdul Malik Akbar.

Adapun sosial media yang digunakan pada sosialisasi ini adalah Instagram, facebook, serta platform lainnya seperti website.

Dalam laporannya, Akbar mengatakan bahwa Sosialisasi Pengembangan Usaha Tenun ini berfokus pada Penerapan Sosial Media sebagai media Promosi produk turunan tenun seperti tas, baju, sepatu dan lain-lain. Oleh karena itu harapannya masyarakat bisa mempromosikan produknya di sosial media dengan baik sehingga mampu meningkatkan penjualan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman KKN atas gerakannya, inspirasinya, ataupun bimbingannya kepada kami atau kelompok kami khususnya yang ada di Desa Pringgasela ini untuk membantu kami baik di dalam bidang pemasaran ataupun jenis lainnya,” ucap pak maliki dalam sambutannya selaku pendiri Galeri Tenun Desa Pringgasela.

Baca Juga :  Resmi, DAMRI Launching BTS Teman Bus Bandung

Semenatara itu, sekretaris Desa Pringgasela, Imam Sanjaya terkait dengan produk yang dihasilkan mengtakan sebagai salah satu produk yang memang sangat bernilai tinggi sebenarnya, cuma memang yang menjadi permasalahan disini dari desa belum ada regulasi khususnya terkait dengan sistem penjualan dan pemasaran.

Selain pemberian sosialisasi dan edukasi, kegiatan dilanjutkan dengan dibukanya sesi tanya jawab pada pertengahan acara, dengan adanya sesi tanya jawab ini peserta sosialisasi diharapkan dapat memberikan suasana yang interaktif antara pemateri dan peserta sosialisasi serta menjawab pertanyaan dari seluruh peserta.

Dengan adanya sosialisasi ini, KKN Unram Desa Pringgasela 2022 diharapkan masyarakat mampu mengembangkan usaha tenun terutama di bidang pemasaran sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Galeri Tenun Pringgasela yang dihadiri oleh Sekretaris Desa, kelompok tenun Pringgasela dan masyarakat lainnya serta beberapa tokoh masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. Muhammad Rezi Zulyan Wahyudi selaku Marketing Manager Of Youth Brandstorming Program dari organisasi pembinaan UMKM ditunjuk sebagai pemateri yang menjelaskan terkait dengan pentingnya media sosial sebagai aksesbilitas marketing. (nrl)

News Feed