by

Tarif Sewa Mobil Jelang MotoGP Mandalika Naik 100 Persen

Lombok Tengah, BERBAGI News – Tarif sewa mobil atau transportasi pada ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mulai meroket, sehingga dikeluhkan pengguna jasa transportasi.

Informasi yang dihimpun, kenaikan sewa mobil menjelang ajang MotoGP Mandalika bakal naik 100 persen bila dibandingkan dengan tarif transportasi sebelumnya.

Seperti tarif sewa mobil jenis Innova yang sebelumnya Rp900 ribu per hari naik menjadi Rp2 juta per hari. Tarif sewa mobil jenis Avanza Rp450 ribu naik menjadi Rp900 ribu per hari dan sewa mobil Hiace Rp1,5 juta per hari naik menjadi Rp3 juta per hari serta mobil Alphard naik Rp7 juta per hari.

“Tarif sewa transportasi gila. Kegilaan ini apa harus dibiarkan terus menggila. Saya khawatir teman-teman kecil saya yg cari remah-remah pariwisata ini akan benar-benar gila,’ kata Saptoto warga Lombok Barat, Rabu (02/02/2022).

Jelas Saptoto, bukan soal mampu membayar atau tidak. Tapi ini adalah soal trust, soal image, dream and future. MotoGP memang bukan makanan rakyat miskin. MotoGP untuk kalangan mampu, itu benar.

“Tapi tolonglah kasih ruang bagi teman-teman kecil saya untuk mengais remah-remah itu,” harapnya.

Ia juga berharap, agar pemerintah bisa menjadi mediator dari situasi ini. Jangan biarkan para pengusaha elite yang modal berjibun merusak hope and dream teman-teman kecil.

“Mohon perhatian OPD terkait,” pintanya.

Warga lainyya, Agus Saputra mengatakan hal tersebut semacam gerakan aji mumpung. sehingga harga dikerek tinggi. sesaat setelah itu hilang.

“Bukan ini yang kita cari, soal harga memang pemerintah bisa “intervensi”. Karena kita mencari manfaat buat semua dari sebuah “gerakan ekonomi” berkelanjutan,” jelas Agus.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Lombok Tengah, H Moh Zaenudin mengatakan, pengaturan tarif jasa transportasi itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi NTB, sehingga pihaknya belum bisa memberikan penjelasan terkait adanya kenaikan tarif transportasi pada ajang MotoGP Mandalika 2022 mendatang tersebut.

“Untuk tarif itu kewenangan pemerintah Provinsi NTB,” katanya.