Sosialisasi Desa Budaya, Bupati Lombok Utara: Potensi Desa Bayan, “Desa Wisata Adat dan Budaya”

Lombok Utara, BERBAGI News – Sebagai katalis peningkatan ekonomi mikro, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) menggelar kegiatan sosialisasi desa wisata yang berlangsung di Aula Kantor Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

“Materi sosialisasi desa wisata sebagai katalis peningkatan ekonomi mikro di Desa Bayan ini dapat dipahami dan diteruskan kepada masyarakat yang ada di Desa Bayan,” kata Ketua KKN Unram, Fika Andriani, saat kegiatan sosialisasi Desa Wisata berlangsung. Rabu (02/02/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Utara, Kepala Desa Bayan berserta staf Desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Karang Taruna, Direktur Bumdes beserta Staf, dan masyarakat Desa Bayan.

Dalam sambutan kegiatan sosialisasi, Bupati Kabupaten Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, S.H, mengatakan, adat istiadat yang berlaku di Desa Bayan harus selalu dijaga tanpa dirubah. Rumah adat, Masjid Kuno Bayan Beleq maupun kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan adat istiadat harus tetap dilestarikan.

“Saya yakin dan percaya masyarakat Desa Bayan tetap memegang teguh adat dan budaya yang ada selama ini meskipun perkembangan dunia semakin pesat, terutama perkembangan teknologi komunikasi,” katanya.

Menurut Bupati Djohan, Desa Bayan masuk dalam Surat Keputusan (SK) Bupati sebagai salah satu dari enam desa wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

Pemerintah Lombok Utara gencar mempersiapkan Hotel, homestay dan penginapan lainnya yang ada di wilayah Lombok Utara dalam rangka menyongsong MotoGP bulan Maret 2022 mendatang. Potensi Desa Bayan sangat bagus untuk dijadikan Desa Wisata karena terdapat wisata adat dan budaya.

Bupati Djohan sangat mengapresiasi kegiatan Sosialiasasi Dewa Wisata yang diadakan oleh mahasiswa KKN Unram.

“Mahasiswa KKN Unram agar bisa memberikan saran dan pendapat terhadap perkembangan wisata secara nasional maupun regional di Lombok Utara,” harap Bupati Djohan.

Baca Juga :  Peduli Lansia, Tangan Berbagi Beri Bantuan Tukang Sapu Pasar

Hadir sebagai pemateri sosialisasi, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata-Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Fahman Toriki, menerangkan, butuh waktu cukup lama untuk menormalkan pariwisata pasca gempa bumi tahun 2018 serta Covid-19 di Kabupaten Lombok Utara.

“Pengembangan Desa sebagai destinasi wisata diharapkan secara langsung dapat mendorong kemajuan UKM dan produk unggulan desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal,” jelas Fahman.

Sementara itu, Kepala Desa Bayan, Satradi SP, mengapresiasi dan berterima kasih kepada mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bagus untuk dilakukan karena bermanfaat untuk pengembangan Desa Wisata Bayan kedepannya,” katanya.

Dengan digelarnya Sosialisasi Desa Wisata tersebut, mahasiswa KKN Unram Desa Bayan berharap dapat bermanfaat untuk peningkatan ekonomi para pelaku pariwisata yang ada di Desa Bayan. (kkn)