Festival Pesanggrahan 2022, KKN Tematik Unram Seru dan Penuh Edukasi

Daerah586 views

Lombok Timur, BERBAGI News – Festival Pesanggrahan tahun 2022 berlangsung seru dengan ragam kegiatan. Acara yang di selenggarakan oleh KKN Tematik Unram Pesanggrahan tersebut berlangsung di dusun Joben, Desa Pesanggrahan kecamatan Montong Gading Lombok Timur.

Hadir Kepala Desa H Badrun, Camat Montong Gading Arfin, Perwakilan dari Dinas koperasi, Ketahanan pangan dan Dinas pariwisata kabupaten Lombok Timur.

Festival yang berlangsung sabtu tanggal 5 hingga 6 Februari tersebut diisi dengan kegiatan pagelaran seni budaya dan pameran UKM.

Sebelumnya Ketua KKN Tematik unram pesanggrahan, Zayyid Wahyudi dalam laporanya menyampaikan, dengan tema KKN tematik pariwisata dan UMKM tahun ini. KKN mendorong UKM yang ada di desa sehingga bisa dikenal dan go internasional.

“Kita ingin menampilkan kebudayaan yang ada di desa ini, selain itu kita bisa mendorong para UMKM untuk maju,” Kata Zayyid saat sambutan.

Ia juga mengajak kepada para pemuda tetap semangat dan kepada anggota KKN untuk memberikan kenangan yang baik kepada Desa Pesanggrahan.

“Para pemuda tetap semangat dan untuk teman teman KKN, mari kita berikan kenangan yang baik untuk desa pesanggrahan ini,” ajaknya.

Dalam KKN tersebut, 11 mahasiswa berkegiatan di Desa Pesanggrahan selama 45 hari dengan berbagi kegiatan seperti gotong royong, penanaman pohon, menjadi guru ngaji dan terlibat dalam kegiatan desa.

Sementara itu kepala desa pesanggrahan, H. Badrun, dalam sambutannya di acara tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada para mahasiswa KKN yang telah sukses melaksanakan kegiatan festival tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada KKN yang sudah berikhtiar dan usaha untuk mensukseskan acara. Tetaplah berkreasi berdasarkan basic masing masing karena kalian adalah generasi,” pesan Badrun.

“Selamat melaksanakan festival selama 2 hari. Insya Allah aman dan suksss,” tambahnya.

Baca Juga :  Jaga dan Cegah Gangguan Kamtibmas, Polresta Mataram Lakukan Ops Bina Kusuma Rinjani

KKN tematik Pesanggrahan Unram 2022 dibuka langsung camat Montong Gading, dalam sambutanya, Arfin menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan ditengah kemajuan zaman sangat strategis untuk membantu pemasaran produk UKM yang ada.

“Strategi marketing sangat dibutuhkan sehingga teman teman ini memiliki peran untuk membantu memviralkan atau memasarkan produk UKM,” pungkasnya.

Festival yang berlangsung dua hari tersebut menampilkan music Band, tarian, teater, wayang, parkour dan seni budaya lainya. Selain itu di venue festival juga menyajikan berbagai macam produk UKM lokal seperti UKM berugak pesanggrahan yang menjual (produk kopi dan teh), UKM katobaku solong daye (produk tembakau), selain itu ada UKM selong tengah, UKM Camek produk teh kindom, dan Bazar.

Diakhir sambutanya camat Montong Gading mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa KKN Unram karena sudah mempercayakan pesanggarahan sebagai tempat KKN tematik tahun 2022.

“Terimakasih kepada universitas mataram yang sudah mempercayakan tempat kami sebagai lokus KKN tematik tahun ini,” Kata Arfin. (abd)