Olahan Emping Jagung Cita Rasa Trend Milenial

Lombok Barat, BERBAGI News – Desa Mesanggok merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Gerung, Lombok Barat yang terkenal sebagai tempat produksi jagung. Mata pencaharian sebagian besar dari masyarakatnya adalah petani dan wirausaha di bidang jagung.

Terdapat sejumlah gudang jagung besar yang mendapat distribusi jagung dari berbagai wilayah di Nusa tenggara Barat seperti Sumbawa dan Bima. Namun, walaupun begitu jagung yang ada hanya disimpan sebagai stok atau didistribusikan di luar pulau seperti Bali, tidak ada pengolahan lebih lanjut dari jagung yang ada di tempat ini.

“Jagung yang ada langsung kita jual ke Bali dan Jawa, tongkolnya juga kami jual, orang jarang mengolah karena tidak tau mau diolah jadi apa” tutur sekretaris desa yang menjadi narasumber utama saat melakukan observasi potensi desa. Rabu (1/12/2021)

Berangkat dari hal ini, Kelompok KKN Tematik Unram bersama menginisiasi adanya program pengolahan jagung menjadi program utama agar memiliki nilai jual lebih nantinya dimana nantinya akan bergerak dibidang wirausaha.

Produk jamping merupakan produk olahan jagung berupa emping jagung yang diberi varian rasa guna menarik minat pelanggan, karena sasaran pasar untuk jamping ini adalah kaum milenial, dikemas dengan trend kekinian dan stiker yang menarik serta harga yang terjangkau membuat jamping dapat dijdaikan pilihan sebagai jajanan, camilan nongkrong bersama teman-teman.

Dalam kegiatan ini turut hadir Bale Kemasan dari Dinas Perindustrian Provinsi untuk menjadi pemateri tentang kemasan seperti cara pemilihan kemasan yang baik sesuai produk, ketahanan serta design kemasan yang baik dan menarik.

“Kendala yang kami hadapi saat ini adalah warga yang kurang antusias terhadap program kami di awal pertemuan, namun seiring berjalannya waktu terutama saat pelatihan dimulai, warga sangat antusias karena setelah melakukan pelatihan bersama dan merasakan hasil produk yang mereka buat sendiri warga merasa senang dan wow gitu dengan rasanya” kata Angga aswandi selaku ketua kelompok KKN Tematik Unram.

Baca Juga :  Dukung Program Pemprov NTB, KKN Unram Gelar Penyuluhan Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini dan Stunting

Dengan dibuatnya inovasi olahan jagung menjadi jagung emping aneka rasa harapannya dapat memacu semangat warga Desa Mesanggok untuk mulai mengolah jagung guna menambah nilai jual jagung dan melanjutkan ilmu yang telah diberikan. (KKN)