Peduli Abrasi Pantai, KKN Unram Tanam 500 bibit mangrove di Sekotong

Lombok Barat, BERBAGI News – Sebagai bentuk kepedulian mencegah abrasi pantai dan banjir saat air pasang, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mataram bersama staff desa, kepala dusun se-Sekotong Barat, Yayasan Deep Blue Sea, SMK Kelautan dan Perikanan, karang taruna Sekotong Barat dan karyawan PLN Sekotong melakukan Gerakan penanaman 500 bibit pohon mangrove. Rabu (26/1/2022).

Penanaman Mangrove dilakukan di pantai Tanjung Kelor yang berada di Dusun Gunung Ketapang Desa Sekotong Barat.

“Alhamdulillah, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dimana bibit yang disediakan sebanyak 500 sudah tertanam semuanya,” kata Ketua Kelompok KKN Tematik Unram, Kurni, dilokasi penanaman mangrove.

Ketua Bada Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Sekotong Barat, Budiman mengatakan kegiatan ini sangat diapresiasi dan didukung oleh masyarakat sekitar.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga alam agar tetap lestari. Dapat membantu mengembangkan desa wisata mangrove terutama di daerah Sekotong Barat,” harap Budiman disela-sela penanaman Mangrove.

Disebutkan Budiman yang juga dari Yayasan Deep Blue Sea Sekotong, Sekotong Barat dengan kondisi yang sangat dekat dengan pantai, namun selalu berupaya agar tidak terjadinya bencana seperti air pasang dan abrasi pantai maupun yang lainnya.

“Salah satu upaya pencegahan agar tidak terjadinya hal tersebut yang kami lakukan  adalah salah satunya dengan  melakukan penanaman mangrove seperti yang kita laksanakan hari ini,” akunya.

Kepala Desa Sekotong Barat, Saharudin sangat mengapresiasi kegiatan kelompok mahasiswa KKN Tematik Unram beserta rekan-rekan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Pemerintah desa sangat apresiasi kegiatan ini (penanaman mangrove:red) untuk kemajuan desa, terutama di desa kita ada wisata pohon mangrove, sehingga dengan adanya ini dapat meningkatkan kemajuan wisata desa mangrove, dan kegiatan-kegiatan seperti ini harus selalu diutamakan kedepannya,” ujarnya.

Baca Juga :  Pelecehan Seksual Kepada Mahasiswa di Lingkungan Kampus

Kelompok KKN Tematik Unram, sangat berterimakasih kepada masyarakat yang ikut serta dalam penanaman pohon mangrove, tanpa bantuan dan dukungan, pasti belum bisa maksimal dalam melaksanakan kegiatan. (KKN).