Peduli Lingkungan, KKN Unram Tanam 3000 Bibit Pohon di Desa Pringgabaya Utara

Lombok Timur, BERBAGI News – Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik – Universitas Mataram (Unram) mengadakan kegiatan penanaman 3000 bibit pohon. Kegiatan tersebut mengambil tema “Peduli Lingkungan Hijaukan Pringgabaya Utara” yang berlokasi di Desa Pringgabaya Utara Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.

Ketua KKN Tematik Unram, Lalu Rahmat Robi, menyampaikan rasa terima kasih atas antusias masyarakat Desa Pringgabaya Utara yang telah menerima kehadiran mahasiswa KKN dengan baik sehingga terlaksananya program kerja tersebut.

“Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 14-16 Januari 2022, teman-teman KKN Tematik Unram berkolaborasi dengan Karang Taruna Desa Pringgabaya Utara bisa menyelesaikan kegiatan penghijauan ini,” katanya.

Kegiatan tersebut kata Robi, dibantu oleh remaja dan masyarakat sekitar di setiap dusun yang memiliki antusias yang tinggi dalam kegiatan penanaman.

Kepala Dusun Bale Bukit Desa Pringgabaya Utara, Taufan, terkesan dengan adanya penanaman 3000 bibit pohon tersebut.

Desa Pringgabaya Utara, katanya, sekitar 10-15 tahun yang lalu daerahnya sangat gersang akan tetapi ini baru pertama kali KKN yang melakukan program seperti ini.

“Saya berharap ini bisa dilanjutkan atau diikuti oleh masyarakat banyak,” kata Taufan saat Penanaman Pohon. Minggu (16/01/2022).

Kepala Desa Pringgabaya Utara H. Manan, sangat mengapresiasi kegiatan program yang diadakan oleh KKN Tematik Desa Pringgabaya Utara, program ini dilakukan dalam rangka penghijauan desa, yaitu dengan menanam bibit pohon menyeluruh di 11 dusun yang ada di Desa Pringgabaya Utara, sehingga tujuan dari program ini menyadarkan masyarkat akan pentingnya peduli lingkungan.

Sebelumnya, mahasiswa KKN Desa Pringgabaya Utara telah memberikan alternatif bagi petani dengan mengadakan Penyuluhan dan Pelatihan pembuatan pupuk organik, untuk mengurangi masyarakat bergantung pada pupuk kimia untuk bertani.

Baca Juga :  Ekonomi Meningkat, KKN Unram Lakukan Workshop inovasi tempe di Desa Kalijaga Timur

KKN tematik Unram berharap dengan kegiatan yang dilakukan memberi manfaat untuk Desa Pringgabaya Utara di masa yang akan datang. (KKN).