Tingkatkan Produksi Anyaman Bambu dan Rotan di Desa Langko, KKN Unram Lakukan Sosialisasi

Lombok Tengah, BERBAGI News – Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Langko, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, melakukan kegiatan sosialisasi pengembangan dan peningkatan produktifitas anyaman bambu dan rotan di Desa Langko yang bertempat di aula kantor desa. Rabu (26/01/2022).

Ketua kelompok KKN Desa Langko, Lalu Ahmad Tarmizal, mengatakan kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan produktifitas anyaman bambu dan rotan.

“Diberikan juga inovasi-inovasi baru dalam pembuatan anyaman bambu dan rotan,” katanya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Langko, Ketua BKD, Ketua BPD, Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), serta para pengrajin.

Dalam kegiatan diberikan materi dari DISPERINDAG Kabupaten Lombok Tengah, bagaimana cara meningkatkan kualitas produk, membangun kelompok usaha bersama sampai proses pemasarannya.

“Dalam menghasilkan suatu produk kita harus melewati beberapa tahap, yang pertama good yang artinya produk tersebuat baik dan sudah layak dipasarkan, selanjutnya menuju ke tahap better yang artinya produk yang dihasilkan sudah lebih baik dari sebelumnya, dan yang terakhir yaitu best yang artinya produk yang dihasilkan sudah sangat baik. Dan harapan saya masyarakat Desa Langko mampu menciptakan produk yang masuk kedalam kriteria best.” Ujar Ibu Suci selaku pemateri.

Ditempat yang sama, Dosen Pembimbing KKN di Desa Langko, Ibu Ernin, mengatakan Desa Langko ini memiliki potensi yang cukup banyak, baik dalam bidang pertanian, peternakan maupun kerajinan.

“Kedepannya Unram tetap mengirimkan mahasiswa KKN lagi untuk melanjutkan program yang sudah dijalankan sebelumnya dan bisa menyadarkan masyarakat di Desa Langko untuk memanfaatkan potensi yang ada,” harap Ernin.

Sementara Ketua BKD Desa Langko, Hakim menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang sudah menyelenggarakan sosialisasi, sehingga desa langko bisa dilirik oleh beberapa dinas ini.

Baca Juga :  Manfaatkan Pekarangan Rumah, KKN Tematik Unram bagikan 1000 Bibit Sayuran di Desa Kwang Rundun

“Dari sosialisasi ini dinas pariwisata langsung menghubungi saya untuk mendelegasikan 5 pengrajin dari desa langko untuk mengikuti pelatihan selanjutnya yang adakan oleh dinas pariwisata,” katanya.

Kelompok KKN Tematik Unram Desa Langko berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan dan membuka pandangan masyarakat desa langko terkait potensi yang ada di Desa Langko ini dan juga harapan mahasiswa KKN Tematik UNRAM tidak berhenti sampai disini saja melainkan ada yang dapat mengembangkan program kerja ini selanjutnya. (kkn)