by

Pengolahan Ekstrak Jahe Sebagai Produk Herbal Daya Tahan Tubuh Warga Desa Mekar Sari

Lombok Timur, BERBAGI News – Desa Mekar Sari memiliki potensi yang beragam dengan mayoritas pekerjaan dari masyarakatnya merupakan petani hutan dan menanam tanaman empon-empon seperti jahe, kunyit, dan sejenisnya. Jahe, salah satu jenis rempah yang mudah dijumpai dan banyak manfaatnya, seperti memperkuat sistem imun dan menangkal infeksi bakteri serta virus. Begitu banyak kegunaan dari bumbu dapur ini, sehingga tak jarang muncul ide-ide untuk membuat kreasi masakan berbahan dasar jahe.

Guna pemanfaatan jahe Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Mekar Sari bekerja sama dengan Kelompok Wanita Terampil (KWT) dan Kelompok Tani Hutan (Gapoktanhut) desa Mekar Sari membuat produk ekstrak jahe. Rabu (19/1/2022)

“Kami membantu dari penyiapan bahan–bahan dan proses pembuatannya,” Ucap Muhammad Hafiz selaku Ketua KKN.

Proses awal pembuatan diawali membersihkan jahe dengan air, selanjutnya jahe dihaluskan, dan diambil sarinya saja. Sari jahe dipanaskan, ditambahkan rempah-rempah dan diaduk rata hingga mengkristal, kemudian disaring dan didiamkan hingga dingin untuk dikemas.

Hafiz mengakui, sayangnya produk tersebut kurang populer karena untuk pemasarannya sendiri masih terbatas dan dikerjakan hanya berdasarkan pesanan saja.

“Ekstrak jahe ini bernilai ekonomis tinggi, berguna juga menghindari nilai jual jahe yang menurun ketika musim panen tiba, jika bisa, kami berharap bisa merangkul anak muda disini untuk proses pemasaran seperti penjualan melalui marketplace Shopee dan Tokopedia juga Instagram,” jelas Hafiz.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Hutan Desa Mekar Sari, Ujib mengatakan, pembuatan ekstrak jahe tergolong gampang dan produk ini telah mengantongi izin MUI.

“Jahe ini gampang di cari, sereh ada di depan rumah, di sini gampang untuk cari bahan-bahannya tapi orang-orang yang ngolah ekstrak ini agak susah kesini, soalnya sudah lama sejak Corona ada dan penjualan turun sehingga orang-orang yang biasa mengolah, semangatnya turun,” katanya.

Baca Juga :  Cegah pernikahan Dini, Mahasiswa Unram dan PLKB Sambelia Gelar Sosialisasi

Mahasiswa KKN Tematik Unram sangat berharap dengan kegiatan proses pengolahan ekstrak Jahe tersebut dan pemasaran maksimal dapat meningkatkan pembelian sekaligus sebagai ajang mempromosikan desa Mekar Sari sebagai salah satu dari Desa Wisata di Lombok yang tentu saja tidak kalah dari desa-desa lainnya. (kkn)