Marhaban Ya Ramadhan, Paguyuban Eka Warga NTB Sambut Ramadhan Mubarak

Religi516 Views

PAGUYUBAN Eka Warga Jawa Barat keberadaannya dan sudah terjalin sejak tahun 1967 di Nusa Tenggara Barat [NTB].

Paguyuban Eka Warga ini adalah merupakan perkumpulan warga Jawa Barat yang dikenal warga sunda yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB].

Tepat pada hari Sabtu, 16 Sya’ban 1434H betepatan 19 Maret 2022, melaksanakan pertemuan rutin sebulan satu kali yang bergilir dari rumah satu ke rumah lainnya, guna mempererat silaturrahim sesama warga sunda yang ada di pulau Lombok khususnya.

Kali ini dilaksanakan berlokasi di Perumahan “Puri Azalea” Jln. Azalea No.39 A-B Green Vailey, Senggigi, Lombok Barat. [kediaman Teh Ala Robin].

Karena Pertemuan dan Silaturrahim sudah berada dipertengahan bulan Sy’aban dan mendekati bulan Ramadhan maka Eka Warga berinisiatif mengambil tema yang terkait dengan menyambut dan menyongsong bulan Ramadhan Mubarak1434H.

Adapun sebagai penceramah tunggal sebagai pencerahan dalam rangka menyongsong bulan suci Randhan adalah diisi oleh Ustadz Aswan Nasution, yang tidak asing lagi di tengah-tengah keluarga besar pada paguyuban Eka Warga Jawa Barat-NTB.

Dalam paparan tausiyah singkatnya menyampaikan; ” bahwa perintah ibadah puasa mengingatkan kita untuk mengoreksi iman sebelum kita melaksanakan puasa, apakah iman kita masih mulus atau telah berkarat?

Lanjutnya mengatakan ribuan problema hidup yang kita hadapi dari tahun ketahun, khususnya pada tahun yang lalu, apakah iman kita pernah goncang atau merosot sama sekali? Kita berkewajiban menimbang dan mengukur kekuatan iman kita sekarang dalam menghadapi ibadah puasa yang akan datang.

Oleh karena itu, seharusnya umat Islam yang benar-benar beriman menyambut bulan Ramadhan ini dengan penuh keimanan, penuh kegembiraan dan kebahagiaan.” pungkasnya.

Dalam pidato sambutan Ketua Paguyuban Eka Warga Nusa Tenggara Barat [NTB] Drs. H. Yosep Miradja menyampaikan harapannya melalui forum ini kepada seluruh warga Jawa Barat yang dikenal warga sunda, menekankan untuk dapat menciptakan kerukunan, solid dan kebersamaan baik sesama warga sunda maupun dengan warga Nusa Tenggara Barat [NTB].

Baca Juga :  Hakikat Orang Kaya

Khususnya dan warga, suku daerah lainnya sehingga ke harmonisan dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara bisa terjalin dan terpelihara dengan baik.

Selanjutnya H. Yosep mengatakan mari kita bersatu untuk menjaga dan mengamankan NKRI yang kita cintai dan banggakan bersama. Semoga dengan keaneka ragaman suku, agama yang ada akan tetap terjalin keharmonisan yang abadi. harapannya.

H.Yosep Miradja, menambahkan bahwa yang tak kala pentingnya mengingatkan khususnya kepada seluruh keluarga besar Eka Warga dimana saja berada, untuk mempertahankan nilai-nilai kekeluargaan yaitu silih asah, asih dan asuh, yang merupakan semboyan dalam masyarakat Sunda Jawa Barat. tegasnya.

Akhirnya Ketua Paguyuban Eka Warga Nusa Tenggara [NTB] Drs. H. Yosep Miradja dan atas nama keluarga besar Jawa Barat NTB. melalui kesempatan ini mohon maaf lahir bathin serta selamat menyonsong bulan suci Ramadhan 1434 H. Semoga amal ibadah kita diterima nantinya. Aamiin ya rabbal a’lamin.

Marhaban ya Ramadhan, Marhaban ya Ramadhan, Marhaban ya Ramadhan. (Han)