Gubernur DKI Anies Baswedan Support Acara Pelatihan Falakiyah JIC

Nasional393 Views

Jakarta, BERBAGI News – Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) atau yang dikenal dengan Jakarta Islamic Centre (JIC) menyelenggarakan  Pendidikan dan Pelatihan Falakiyah Metode Hisab dan Rukyah Penentu Awal hijriah, dalam rangka persiapan menyambut bulan suci Ramadan 1443H.

Acara itu menghadirkan beberapa narasumber di antaranya, KH. Ismail Fahmi, (Kepala Subdiv. Hisab dan Syariah Kemenag RI), Ustadzah, Dr. Hj. Maskufa, (Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah DKI) dan Al Mukarram KH. Buya Yahya (Pimpinan Majlis Al-Bahjah).

Dalam sambutannya Kiyai Subki selaku kepala PPPIJ mengatakan “Mudah-mudahan itu termasuk apa yang Rasulullah SAW sebut dalam sabdanya “Siapa yang berbahagia seraya mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan bulan Suci Ramadhan, maka Allah akan haramkan jasadnya masuk kedalam Neraka. Mudah-mudahan agenda kita ini bagian didalamnya.” Jelas Kiai Subki pada sambutannya di Jakarta Islamic Centre, melalui keterangan tertulis Kasi Pemanfaatan Sarana dan Prasaran JIC, Sabtu (26/3/2022).

Lebih lanjut Kiai Subki menilai acara pelatihan yang digagas Divisi Pengkajian PPIJ sangat penting karena terkait dengan penentuan penetapan bulan suci Ramadhan dan berikutnya juga awal bulan syawal, dimana ada di awal bulan Ramadhan tentang pelaksanaan ibadah puasa dan di awal bulan Syawal tentunya adalah pelaksanaan Idhul Fitri.

“Paling tidak ada dua sumber utama yaitu, rukyatul hilal juga ada metode hisab falakiyah, maka urgensi dari acara ini sangat luar biasa memberikan informasi dan pengetahuan kepada umat Islam secara keseluruhan tentang tatacara penetapan tanggal-tanggal itu,” terangnya.

“Walaupun nanti kemungkinan adanya perbedaan tetapi perbedaan itu atas dasar sama-sama saling memahami sehingga terjadi saling menghormati dan saling menghargai. Inilah sesungguhnya pencapaian yang ingin ditargetkan dari kegiatan pagi hari ini,” pungkasnya

Baca Juga :  Kemenparekraf Dorong Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Bangka Belitung

Sementaa itu Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengucapkan selamat kepada Jakarta Islamic Centre yang akan menggelar acara Pendidikan dan Pelatihan Falakiyah Metode Hisab dan Rukyat Penentu Awal Ramadhan 1443 Hijriah.

“Semoga acara ini sukses, lancar, dan memberikan manfaat bagi kita semua,” ucapnya disampaikan melalui video tapping, Sabtu (26/3/2022). “Sekali lagi selamat berdiskusi, salam hangat dari Balaikota,” tutupnya.