by

Magang Jepang, Mahasiswa STIKES Yarsi Mataram: Program Internship, Sertifikat Bergengsi

-Pendidikan-555 views

Mataram, BERBAGI News – “Mereka tidak seberuntung kita,” itulah ungkapan tiga mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) “Yarsi” Mataram yang lulus magang ke Jepang.

Ketiganya merupakan mahasiswa yang sedang mengambil profesi Ners dengan tujuan pemagangan ke Jepang untuk mendapatkan pengalaman, meringankan beban orang tua untuk biaya Ners.

“Syukurnya nanti akan dikonversi hasil atau nilai dari magang Jepang dengan Serifikat Ners dari Kampus,” kata Fendi dan 2 temannya saat ditemui di Japanese Restaurant (Yoshinoya) Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Sabtu (02/04/2022).

Ketiganya adalah Muh Efendi Jayadi (25) asal Dusun Nunang Desa Setuta Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah, Dina Islamiyati (23) asal Dusun Karang Bedil Selatan, Desa Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat dan Sri Arliza Febriani (23) asal Dusun Pancoran Manis Desa Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur.

Sepulang dari magang Jepang, kata Fendi akan ada uji kompetensi (Ukom) perawat dari Kampus.

“Semoga kami bisa selesaikan dengan lancar dan diwisuda serta pada proses pengambilan sumpah,” katanya.

Hal yang paling membuat kebahagiaan, ketiganya menyatakan Sertifikat yang didapat lebih bergengsi.

“Kejar sertifikat dan mau balik lagi ke Jepang. mau kerja balik ke Jepang,” kata Fendi

Ketiganya mengaku bersyukur bisa lulus diterima dirumah sakit bertaraf internasional, rumah sakit Jepang dan bercita cita ingin membangun Klinik Rumah Sehat didaerahnya masing masing.

Ditempat yang sama, Direktur Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Bali Tosha Lombok Kochi (BTLK), Abdurahman, SE. MM kepada Media ini mengatakan, Ketiga peserta magang dari Stikes Yarsi ini angkatan 3 sejak dimulai kerjasama tahun 2020. Hingga saat ini sudah diberangkatkan 10 orang mahasiswa.

“Selamat dan sukses untuk ketiganya. Mereka bertiga sangat beruntung, dari 11 orang dinyatakan lulus wawancara pihak Shachou Jepang dalam program Internship,” katanya.

Baca Juga :  Debat 4 Pilar Kebangsan, Membangun Spirit Patriotisme Bagi Generasi Muda

Di Jepang, kata Rama mereka akan magang selama 11 bulan di Rumah Sakit “Mediline Co., Ltd” yang beralamat di 424 Kyozuka, Kota Urasoe, Prefektur Okinawa. (shy)