by

Sampah dan Berbagai Permasalahannya

-Opini-366 views

Oleh : Elina Sopian

BERBAGI News – Alam memiliki berbagai macam sumber daya yang melimpah yang dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sayuran, buah-buahan, air untuk konsumsi sehari-hari sera kebutuhan kebersihan dan gas bumi yang dapat di gunakan untuk keperluan transportasi dan lainnya. Maka dari itu perlunya keseimbangan lingkungan untuk di jaga agar tetap sehat dan berbagai sumber daya memberikan manfaat yang opitmal, namun sayangnya banyak aktivitas manusia yang menjadi permasalahan bagi lingkungan salah satunya masalah limbah.

Limbah merupakan hal yang lumrah di temui di tengah-tengah masyarakat, limbah itu sendiri dapat berasal dari berbagai sumber mulai dari limbah rumah tangga ataupun industri pabrik lainnya. Limbah itu sendiri bisa berbentuk cair ataupun padat dan bukan hanya isinya saja bahkan wadah ataupun kemasannya juga berpotensi sebagai limbah contohnya seperti plastik, kertas ataupun kaleng. Limbah semakin hari jumlahnya semakin meningkat mengingat banyaknya aktivitas yang di lakukan masyrakat yang menghasilkan limbah berbahaya baik bagi kehidupan manusia ataupun mahluk hidup lainnya. Kesadaran masyarkat akan pentingnya pengelolan limbah belum bisa teratasi, hal ini di lihat dari banyaknya limbah buangan baik yang berasal dari rumah tangga maupun industri yang di temukan tidak di kelola dengan baik sehingga menggangu kehidupan.

Ada berbagai kemungkinan yang menjadi poenyebab timbulnya pencemaran limbah itu bisa karena kelengahan kita, salah satu contohnya misalkan terjadi kebocoran pada pipa rumah tangga sehingga bercampur dengan air melalui tanah yang ikut tercampur bersamanya. Selain itu juga kemungkinan terpengaruh karena adanya unsur kesengajaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ataupun alasan-alasan tertentu seperti kecilnya kesadaran diri akan pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal dan juga permasalahan pencemaran tidak terlepas dari sampah.

Baca Juga :  Prahara Omnibuslaw di Tengah Masyarakat

Sampah merupakan permasalahan yang tidak pernah terlepas di tengah-tengah masyarakat. Sampah selalu menjadi permasalahan semua orang terutama masyarakat di negara berkembang salah satunya indonesia. Pembuangan samaph sembarangan tentunya menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan dan pencemaran baik itu pencemaran air, maupun tanah. Banyak dari rumah tangga yang membuang sampah rumah tangga mereka secara sembarangan tanpa memperhatikian dampak yang akan di timbullkan. Selain itu juga sampah yang di buang ke saluran sungai dapat menyumbah arus sungai sehingga hal ini berpotensi terjadinya banjir di kawasan aliran sungai akibat meledaknya air sungai yang tersumbat akibat buangan sampah baik dari rumah tangga ataupun industri lain. Bukan hanya itu, pantai-pantai yang ada di indonesia saat ini banyak di jadikan pembuangan akhir dari sampah-sampah tersebut sehingga hal ini juga menganggu ekositem yang ada di dalamnya.

Pencemaran lingkungan yang di sebabkan oleh sampah juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan bagi manusia. Pencemaran lingkungan itu sendiri adalah masuknya subtansi-subtansi berbahaya ke dalam lingkungan sehingga kualtitas lingkungan menjadi kurang atau fungsinya tidak sesuai dengan peruntukannya. Lokasi dan pengelolaan sampah yanng kurang memadai merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yanjg dapat menimbulkan penyakit. Beberapa penyakit yang dapat di sebabkan oleh limbah di antaranya diare, penyakit jamur dan berbagi penyakit berbahaya lainnya yang dapat terjangkit melalui hewan-hewan tertentu.

Lahan yang terisi sampah secara terbuka akan menimbulkan kesan pandangan yang sangat buruk sehingga mempengaruhi estetika lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat terjadi baik di lingkungan pemukiman atau juga lahan pembuangan sampaha lainnya. Salah satu contohnya di TPA ceceran sampah terutama yang berasal dari sisa pembongkaran yang tertiup angin. Selain itu juga hampir tidak ada orang yangh akan sengan dengan adanya pembuangan sampah yang dekat dengan pemukiman, karenanya tidak jarang menimbulkan sikap menentang dari masyarakat dan munculknya keresahan.

Baca Juga :  Televisi Sebagai Media Utama Informasi dan Kampanye Atasi Covid-19

Kurangnya sarana dan prasana pengelolaan sampah juga menjadi salah satu penyebab pembuangan sampah sembarangan, salah satu contohnya di daerah pedesaan pada umumnya banyak yang tidak memiliki Tempat Pembuangan Akhir dari sampah-sampah yang mereka hasilkan hal ini yang kemudian mau tidak mau masyarakat membakar sampah rumah tangga mereka, akan tetapi ketika terjadi hujan sampah-sampah tersebut sulit untuk di bakar karena basah sehingga menyebabkan sampah-sampah tersebut berserakan dan menyebabkan pencemaran lingkungan di sekitarnya.

Limbah menjadi permasalahan lingkungan yang tidak pernah terlepas dari masyarakat, semua kegiatan yang di lakukan oleh masyarakat menghasilkan berbagai macam buangan sehingga perlu adanya penanganan yang serius mengenai hal tersebut. lingkungan hidup yang bersih adalah salah satu yang di impikan banyak orang karena dengan lingkungan yang bersih maka akan tercipta suasana nyaman dan tenang. Untuk itulah mari kitra bersama-sama menjada kebersihan lingkungan hidup baik dari sampah-sampah ataupun pencemaran yang bisa menganggu aktivitas kehidupan manusia guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan sejahtera di masa yang akan datang. (*)