by

Inspeksi ke Terminal Kalideres, Gubernur DKI Pastikan Kelaikan Armada Mudik

-Nasional-41 views

Jakarta, BERBAGI News – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan inspeksi kesiapan mudik di Terminal Kalideres Jakarta Barat, Jumat (29/4/2022) siang. Pada kesempatan tersebut, Anies sekaligus mengecek kelaikan armada bus dan berkomunikasi dengan para pemudik.

“Siang ini kita di Terminal Kalideres melihat kesiapan untuk memfasilitasi warga yang akan mudik. Sejauh ini kami pantau cukup baik, jadi armada dan infrastruktur yang tersedia cukup untuk menampung semuanya (pemudik),” tkata Anies.

Untuk diketahui, tahun ini jumlah pemudik cenderung naik, meski belum sebanyak pada masa sebelum pandemi. “Secara kapasitas di Terminal Kalideres ini cukup tinggi. Tahun-tahun sebelum pandemi bisa sampai 7.000 penumpang per hari. Sekarang ini angkanya masih berkisar 2.000, belum setinggi sebelum pandemi,” tambahnya.

Menurut Anies, beberapa pemudik di Terminal Kalideres juga sedang menunggu kembalinya bus-bus dari luar kota untuk mengangkut mereka mudik. Anies pun berpesan kepada pihak Terminal Kalideres untuk memberikan fasilitas, sehingga para penumpang dapat menunggu dengan nyaman.

“Kebetulan saat ini memang sedang padat dan banyak pemudik yang menunggu di terminal, karena busnya belum sampai kembali arus balik ke Jakarta. Mudah-mudahan malam ini sudah sampai kembali semua (busnya),” paparnya.

Selain memberikan fasilitas yang nyaman, Gubernur DKI Anies juga meminta agar seluruh pihak menyiapkan bus bantuan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi kepadatan pemudik yang menunggu dan mencegah terjadinya penumpukan penumpang di Terminal Kalideres.

“Mudah-mudahan ini semua berjalan lancar. Di sisi lain kolaborasi dilakukan dengan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan bus bantuan. Karena bus arus baliknya belum sampai, sehingga dengan begitu mereka tetap dapat diangkut,” pesannya. (*)

Baca Juga :  Hadiri KTT ASEAN-AS, Presiden Bertolak ke AS

News Feed