Yayasan Pendidikan Qur’an Center Al-Fahkru, gelar Buka Bersama dan Nuzulul Qur’an

Agama377 views

Lombok Barat, BERBAGI News – Yayasan Pendidikan “Qur’an Center Al-Fahkru” yang bertempat di Desa Sandik, Batu Layar, Lombok Barat, pada hari Kamis, 28 April 2022, bertepatan 26 Ramadhan 1443H menggelar buka puasa bersama dan sekaligus dikaitkan memperingati Nuzulul Qur’an.

Al-Ustdz H. Muslihin, Ketua Yayasan Pendidikan “Qur’an Center Al-Fakhru” dalam sambutannya menyampaikan, kepada para hadirin sekalian dan tamu undangan lainnya bahwa acara kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan ini bukan saja menjadi tradisi di setiap bulan Ramadhan umat Islam sangat bersemangat merayakannya.

“Tetapi hendaknya lebih dari itu, semangat Nuzulul Al-Qur’an dapat dimaknai dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan tujuan dan kehendak Al-Qur’an itu sendiri diturunkan adalah sebagai petunjuk [hudan],” katanya.

Sebagaimana yang telah tertera dalam firman Allah SW, pada surat Al-Baqarah ayat: 185. “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan [permulaan] Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu pembeda [antara yang hak dan bathil].

H.Muslihin juga menaruh harapan yang sangat besar kepada para santriawan-santriwati untuk dapat terus belajar dan membaca Al-Qura’n tanpa batas sehinga dapat mencintai dan mengamalkannya sehingga nantinya menjadi generasi qura’ni yang tangguh dunia dan akhirat.

Ia juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi semua pihak.

“Semoga Allah SWT memberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda. Amin ya rabbal a’lamin,” harapnya.

Adapun bertindak sebagai pencerah dan penceramah dalam acara yang penuh keberkahan ini adalah Al Ustadz Aswan Nasution yang juga adalah merupakan salah seorang pengurus Yayasan Pendidikan Qur’an Center Al-Fakhru yang baru saja didirikan itu.

Al-Ustadz Aswan Nasution, dalam taushiyahnya memaparkan hikmah peringatan Nuzulul Qur’an adalah salah satu momentum yang penting diperingati oleh kaum Muslimin pada bulan Ramadhan adalah peringatan malam Nuzulul Qur’an.

Baca Juga :  Menjemput Datangnya Rezeki

“Peringatan ini dilakukan dalam upaya untuk mengingatkan fungsi dan peran penting Al-Qur’an bagi kehidupan manusia di dunia dan di akhirat, serta sekaligus mempererat hubungan kita terhadap Al-Qur’an yang dari sini diharapkan kita bertekad untuk hidup bersama Al-Qur’an,” jelasnya.

Lanjut Ust. Aswan mengatakan, semoga Ramadhan tahun ini benar-benar dapat kita jadikan sebagai momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Al-Qur’an

“Semoga kita dapat menjadi manusia dan masyarakat yang Qur’ani yang memang telah lama kita nantikan,” ungkapnya.

Untuk mendapatkan keberkahan dari rangkaian acara demi acara tersebut, maka diakhiri dengan pembacaan doa’ diimami oleh Ust. Aswan Nasution. serta di awali dengan buka bersama.

Acara yang cukup sederhana tetapi tidak mengurangi makna esensi dari peringatan hikmah Nuzulul Qur’an tersebut, yang dihadiri Pengurus Yayasan dan para Ustadz, Ustadzah [tenaga pengajar] di Yayasan ini serta peserta didik [para santriawan-santriwati], juga para tamu undangan lainnya. (Red)