H+2 Lebaran, Lalu Lintas di Kawasan Puncak Diprediksi Padat

Nasional588 Views

Jakarta, BERBAGI News – Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat, memperkirakan arus lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor,  akan padat di hari kedua Lebaran 2022/Idulfitri 1443 H atau Selasa (3/5).

Hal tersebut disampaikan Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicki Anggi Pranata, melalui keterangan tertulisnya, Senin (2/5/2022).

“Trennya sendiri di Jalur Puncak merupakan destinasi wisata sehingga peningkatan arus volume terjadi pada hari kedua Lebaran 2022,” kata AKP Dicky Anggi Pranata.

Menurutnya, jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu tak banyak digunakan sebagai jalur mudik melainkan jalur wisata libur Lebaran 2022.

“Saat ini ada kebijakan dari pemerintah terkait ‘one way’ di Jalur Cikampek menuju Jawa pasti akan memiliki imbas ke sini, maka kami tetap menyiagakan personel untuk bersiaga,” kata Dicky.

Selama Operasi Ketupat yang dilaksanakan untuk mengamankan selama arus mudik, arus balik, dan libur Lebaran 2022, Polres Bogor beserta instansi terkait menurunkan 2.000 personel untuk bersiaga di seluruh kawasan Bogor.

Sementara itu, Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana menyebutkan,  pihaknya tidak memberlakukan rekayasa lalu lintas, baik sistem satu arah maupun sistem ganjil genap di Jalur Puncak pada hari pertama Lebaran 2022.

“Karena banyak masyarakat di daerah Puncak yang bersilaturahim, jadi kita hari ini memprioritaskan terlebih dahulu masyarakat lokal yang melaksanakan silaturahim ke keluarganya masing-masing di kawasan Puncak,” ujarnya.

Ketut menambahkan, Polres Bogor berencana memberlakukan sistem ganjil genap  pada hari kedua Lebaran 2022.

“Pemeriksaan ganjil genap pelat nomor kendaraan akan dilakukan di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor,” katanya. (*)

Baca Juga :  Target 60 Ribu, Tiket MotoGP Mandalika Terjual 21.530