by

Warisan Leluhur Pura Lingsar Khayangan Jagat Terselamatkan

-Agama-466 views

Lombok Barat, BERBAGI News – Anak Agung Made Jelantik Agung Bhayarang Wangsa, SH, atas nama Pengelingsir Puri Agung Cakranegara telah mengukuhkan secara resmi terbentuknya Majelis Agung Windu Sesukartaning Jagat Lombok. Selanjutnya melakukan pelantikan dan mengukuhkan pengurus definitif Pure Lingsar Kayangan Jagat,
pada tanggal 30 April 2022 bertempat di Pura Lingsar Kabupaten Lombok Barat.

Dengan telah dikukuhkannya kepengurusan Pura Lingsar masa bakti 2022-2027 oleh Ketua majelis Agung Windu Sesukartaning Jagat Lombok I Gede Gunawan Wibisana SH. M.hum, puri agung Cakranegara telah memberikan mandat atau kepercayaan dan tanggung jawab kepada Majelis Agung. Rabu (04/05/2022)

Setelah menunggu waktu yang cukup lama akhirnya umat hindu Lombok tidak lagi kebingungan dengan masalah Pura Lingsar tersebut di karenakan sudah dikukuhkan dan diakui keberadaannya oleh umat Hindu Lombok.

I Made Sulendra Putra, SH, diberi mandat dan tanggung jawab sebagai Ketua Umum Pura Lingsar masa bhakti 2022-2027.

I Made Sulendra Putra, SH, merupakan salah satu aktivis pemberani membela kebenaran demi kepentingan umat hindu lombok, Jiwanya sangat tulus mengabdi dalam mempertahankan warisan leluhur.

Program jangka pendek yang akan direalisasikan oleh pengurus pura lingsar yang di pimpin oleh I Made Sulendra Putra, SH, yaitu akan merealisasikan roadshow ke seluruh Banjar yang ada di Lombok untuk mensosialisasikan program kerja dan merupakan salah satu upaya program kerja untuk merangkul seluruh pengamong banjar yang bergabung dalam Pura khayangan Jagat Lingsar.

“Merangkul satu sama lain merupakan salah satu bentuk cara kami untuk saling menghormati dan menghargai dalam menjalani hubungan yang baik dalam bentuk mesimakrame dengan tujuan kedamaian yang paling utama dan menjalani hubungan komunikasi yang baik,” ucap I Made Sulendra Putra, SH.

Baca Juga :  Hilangnya Keberkahan Waktu

Ia juga menegaskan, penertiban aset akan terus diperjuangkan dalam upaya memepertahankan plabe pura dengan teknis yang transparansi dan terbuka kepada umat hindu lombok, penertiban plabe pura tidak sama sekali ada indikasi untuk menguasai atau menghaki, murni aset atau plabe pura ini akan di tertibkan secara transparan dan terbuka.

Aktivis muda hindu lombok I Nyoman Loji Sagita juga angkat bicara terkait dikukuhkannya pengurus pura lingsar masa bhakti 2022-2027.

“Saya sangat mengapresiasi langkah strategis pengurus pura lingsar upaya dalam penertiban aset atau plabe pura tersebut, kalau aset atau plabe pura ini dibiarkan atau tidak diurus maka anak cucu kita yang akan menerima masalah tersebut, maka dari itu dari sekarang perjuangkan warisan leluhur untuk kepentingan umat hindu lombok,” ungkapnya.

Sebagi pemuda hindu yang taat akan ajaran leluhur, kata Nyoman Loji, tentu mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mempertahankan segala warisan luhur, militansi dalam perjuangan harus ditegakan dalam membela kebenaran, jangan takut, yakinlah Tuhan akan memberkati dan melindungi semua para pejuang dharma. (ang)