by

Lapas Mataram Kembangkan Industri Meubel Melalui Karya Cukli Khas Lombok

-Daerah-301 views

Lombok Barat, BERBAGI News – Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Mataram Kanwil Kemenkumham NTB ternyata mampu menghasilkan produk meubel Cukli yang siap bersaing di pasaran.

Kalapas Lembaga Pemasyarakatan Kelas llA Mataram, Ketut Akbar Herry Achjar menjelaskan, terkait dengan kerajinan Cukli yang ada di Lapas Mataram, ini adalah program unggulan pembinaan Lapas Kelas llA Mataram. Jum’at (20/05/22)

“Dimana program unggulan Cukli ini sesuai dengan ciri khas atau hasil karya khas dari Pulau Lombok, ini kita bisa kembangkan didalam tembok jeruj. Dan alhamdulilah itu menjadi semangat yang luar biasa kepada warga binaan kami, dan hasil yang telah di capai dari warga binaan tersebut bisa kita lihat sampai hari ini, dan bisa kita pasarkan keluar Pulau Lombok,” ujar Akbar.

Kepala Subseksi Sarana Kerja Lapas Kelas llA Mataram Ardian Timor Ilman di dampingi KPLP Lapas Mataram mengatakan, produk meubel Cukli tersebut terbuat dari kayu mahoni dan kita bekerja sama dengan Dinas terkait di Kota Mataram,

“Seperti Dinas Tata Kota dan Dinas Kehutanan, sehingga kita bisa jadikan meubelair Cukli yang di kerjakan oleh warga binaan Lapas Mataram. Produk tersebut kami sudah pasarkan, seperti daerah Kalimantan, Jawa dan Jakarta,” ucapnya.

Harapannya semoga tahun ini bisa produk dan hasik karya di tingkatkan sehingga bisa pasarkan ke seluruh Indonesia. (*)

Baca Juga :  Hari Jadi ke 19 Puskor Hindunesia NTB Gandeng Artis Lokal Indonesia dari Bali