Selamat! 20 Finalis Terima Anugerah Duta Bahasa NTB 2022

Berita Utama468 views

Mataram, BERBAGI News – Sebanyak 20 finalis Duta Bahasa NTB terima penganugerahan yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi NTB di Hotel Aston Inn, Mataram pada Kamis (26/05/2022). Dalam ajang penganugerahan sebagai finalis terseleksi dari 200 orang peserta yang mengikuti ajang bergengsi pemuda putra putri terbaik NTB.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Dr. Umi Kulsum, menyampaikan, pemuda NTB kita luar biasa, sangat antusias dalam mengikuti ajang pemilihan dari awal hingga penetapan finalis.

Dan sebagai bentuk dukungan kepada finalis, Dr. Umi Kulsum, S.S, M.Hum, berharap, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, dapat menyebarkan informasi, karena salah satu yang menjadi kriteria pavorit tingkat nasional adalah dari banyaknya yang menyukai.

“Provinsi NTB bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional nanti. Semoga kedepannya pemilihan Duta Bahasa NTB lebih baik lagi,” harap Dr. Umi.

Sementara itu, Kepada para Finalis Duta Bahasa NTB 2022, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M, atas nama pemerintah Provinsi NTB saat membuka acara mengapresiasi atas kegiatan Anugerah Duta Bahasa Indonesia 2022 yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi NTB dalam membina generasi muda di era digitalisasi.

Ia berpesan, boleh bercita cita setinggi langit, boleh menguasai transformasi digital, tapi nilai kararakter kepribadian bangsa dan nilai moral tidak boleh tercerabut. Kekayaan yang harus dimiliki adalah kekayaan moral didalam diri kita.

“Tantangan zaman semakin berat, tantangan digitalisasi jangan membuat kalian lengah, tetapi jadikan sebagai senjata pamungkas untuk menujukkan kepada dunia memiliki kepribadian yang tangguh,” ungkapnya.

Dr. Najam berharap, kepada pemenang yang akan berlaga di ajang Duta Bahasa tingkat Nasional, dengan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa menjadi nilai yang selalu ada dijiwa.

Baca Juga :  Tilar Negara Butuh Titik Terang

“Target masuk di 3 besar nasional, menjadi kebanggan kita bersama untuk NTB Gemilang,” harapnya.

Salah seorang finalis saat fidato kebahasaan menyampaikan,
Membaca itu penting,
Membaca hal yang dilakukan sejak lahir hingga  akhir hayat,
Membaca tak lekang oleh waktu,
Jangan berhenti membaca,
Kalau bukan kita siapa lagi,
Kalau bukan sekarang, kapan lagi.

Dari 20 Finalis keluar sebagai Pemenang I, Yusri Ramadhan dan Ckristy Diana Darmayanti, S.Kep. Pemenang II, Ichlasul Amal dan Sylvia Maulida Damayanti dan Pemenang Favorit, Arya Wahyu Sukma Adji dan Yulia Mashela Safarina.

Pemenang pertama berhak melaju ke pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional di Jakarta.

Sebelumnya kantor Bahasa Provinsi NTB melakukan seleksi Duta Bahasa Indonesia 2022 sejak awal tahun 2022 hingga Mei 2022.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Alumni Ikatan Duta Bahasa (Ikadubas) NTB dengan tari kreasi “Putri Mandalika” dan diakhiri dengan penyematan Satin oleh Duta Bahasa NTB tahun 2021 kepada pemenang satu Duta Bahasa Indonesia 2022. (*)