by

Digitalisasi UMKM

-Opini-139 views

Oleh: Baiq Nur Afriliani
Mahasiswa Magang MBKM di KONSEPSI NTB

BERBAGI News – Di era serba canggih seperti sekarang ini, pemasaran digital atau digital marketing menjadi sebuah strategi yang cukup ampuh bagi pelaku bisnis.

Digital marketing sendiri adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital salah satu contohnya melalui media sosial.

Pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. Trend pemasaran di dunia beralih dari yang konvensional menjadi digital.

Strategi digital marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet. Digital marketing juga dapat menjangkau seluruh masyarakat dimanapun mereka berada tanpa ada lagi batasan geografis ataupun waktu, selain itu dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu dan pemasaran produk menggunakan digital marketing dengan memanfaatkan media sosial untuk dapat menjangkau konsumennya secara langsung dapat menekan biaya promosi.

Digital marketing merupakan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan akses internet, memanfaatkan media sosial dan perangkat digital lainnya. Digital Marketing dapat membantu membantu pelaku UMKM dalam mepromosikan dan memasarkan produk dan jasa mereka dan mampu memperluas pasar baru yang sebelumnya tertutup atau terbatas karena adanya keterbatasan waktu, jarak dan cara berkomunikasi. Dimana realita dilapangan menunjukan bahwa, kebanyakan UMKM di Indonesia memiliki beberapa permasalahan yang sama, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang pemasaran, disebabkan oleh terbatasnya informasi yang dapat dijangkau oleh UMKM mengenai pasar. Sehingga pemasaran melalui media internet bisa menjadi salah satu solusi untuk permasalahan pasar.

Adapun beberapa media internet yang sekarang populer digunakan untuk pemasaran produk antara lain, Facebook, Youtube, Instagram, dan media sosial yang lain. Manfaat yang didapatkan dengan digital marketing selain bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan mengefektifkan biaya pemasaran, juga membuat ruang dan waktu pemasaran yang tidak terbatas. Selain itu, digital marketing bersifat realtime sehingga pengusaha dapat langsung memperhatikan minat dan feedback dari pasar yang dituju, serta dapat memutuskan strategi penyesuaian terkait konten iklan untuk hasil yang lebih baik dengan lebih cepat.

Baca Juga :  Hari Pers Nasional : Konsistensi Menyebarkan Informasi Positif, Faktual dan Terpercaya

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam laju ekonomi Indonesia terutama dalam penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan rumah tangga yang mendukung pendapatan rumah tangga. Keberadaan UMKM diharapkan mampu memacu perekonomian di tengah perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital memberikan harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Perkembangan teknologi digital memungkinkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online.

Salah satu sarana digital marketing yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik usaha adalah media sosial, ada beberapa media sosial yang biasa digunakan oleh pemilik usaha untuk mempromosikan produknya salah satunya seperti Facebook dan sekarang ini hadir Tik Tok.

Selain itu sekarang juga telah hadir Whatsapp Business yang bisa membantu pemilik usaha untuk mempromosikan usahanya dan meningkatkan pelayanan pemilik usaha, karena ada beberapa fitur dari whatsapp business ini yang bisa memudahkan pelaku usaha dalam melayani pembelinya.

Selain biaya yang murah dan tidak perlunya keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih calon konsumen. Dengan jumlah pengguna social media berbasis chat ini yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.

Namun, sebagian besar pelaku UMKM masih terkendala dengan minimnya pengetahuan terhadap digital marketing dan electronic commerce. Dimana dalam pemanfaatan digital marketing ini mengharuskan masyarakat untuk paham dengan teknologi, oleh karena itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Kegiatan pengabdian masyarakat mengenai pemanfaatan digital marketing ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman serta dapat menginspirasi pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi internet dan jejaring sosial sebagai alat untuk menjalankan bisnisnya. Terlepas dari semua hal itu, nyatanya peran pemerintah juga sangat dibutuhkan baik dalam memberikan pelatihan terkait pemasaran dan pendampingan kepada pelaku UMKM. Seperti transfer ilmu pengetahuan kepada pelaku usaha melalui pelatihan dan pendampingan, dimana pendampingan dan pelatihan bisa dimulai dengan sosialisasi untuk mengedukasi mitra terkait sistem pemasaran yang lebih mudah dan modern. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan pelaku usaha tentang penerapan teknologi dalam pemasaran.

Baca Juga :  Budaya Sumbawa Dalam Balutan Sistem Hukum Nasional

Sosialisasi meliputi informasi pentingnya teknologi internet untuk mendukung bisnis, bagaimana mengakses teknologi internet, bagaimana berkomunikasi dan mencari informasi dengan media internet kemudian memberikan pengetahuan dan pemahaman dasar-dasar internet marketing hingga sampai pelaku usaha mampu melakukan pengelolaan sendiri secara berkelanjutan. Alangkah baiknya jika pelaku usaha akan memperoleh nilai tambah dari pelatihan dan pendampingan tersebut seperti memiliki mitra dalam pemasaran atau setidaknya memiliki pelanggan tetap yang membeli produknya baik konsumen yang berasal dari pasar lokal, nasional maupun pasar internasional. (*)