Terapkan SOP, Garuda Indonesia Sukses Terbangkan 2.078 Jamaah Haji NTB ke Jeddah Arab Saudi

Daerah613 Views

Mataram, BERBAGI News – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menerapkan standar operasional prosedur (SOP)  dalam memberikan pelayanan kepada jamaah calon haji (JCH)  asal NTB.

General Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Lombok, Ida Ayu Wayan Sri Gotami mengatakan, untuk kelancaran penerbangan haji, Garuda Indonesia bekerjasama dengan stakeholder mempersiapkan safety dan security agar pelayanan kepada JCH asal NTB dapat dilaksanakan secara prima.

“Alhamdulillah lancar. Para jamaah haji bersedia menerima himbauan serta arahan dari Kemenag NTB dan Garuda terkait barang-barang  yang boleh dibawa kedalam pesawat,” katanya di sela sela memantau jamaah calon haji naik ke pesawat, Senin (27/06/2022) dini hari.

Dijelaskannya, penerbangan terakhir jamaah calon haji kelompok terbang (Kloter) 6 akan transit di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta untuk bergabung dengan jamaah asal Solo, Jakarta dan Banjarmasin.

Ami, panggilan akrab Ida Ayu Wayan Sri Gotami mengaku merasa terharu saat melayani jamaah calon haji karena dua tahun tidak melayani penerbangan haji.

“Kami Garuda Indonesia dari Branch Office Lombok memberikan pelayanan yang terbaik dengan penuh  haru dan sukacita,” ungkapnya.

Ami berharap jamaah kembali dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.

Pada 2022/1443 H, Garuda Indonesia melayani 47.915 jamaah haji yang terbagi ke dalam 128 kelompok terbang (kloter) dan diberangkatkan dari 9 embarkasi.

Untuk embarkasi Banda Aceh sebanyak 2.023 jamaah,  Medan (3842 jamaah), Padang (2.885 jamaah), Jakarta (9.228 jamaah), Solo (15.477 jamaah), Banjarmasin (2.507 jamaah), Balikpapan (2.639 jamaah), Makassar (7236 jamaah), dan Lombok (2.078 jamaah).

Untuk mengangkut  jamaah haji, Garuda Indonesia mengoperasikan 7 pesawat wide body yang terdiri dari 4 pesawat B777-300ER, 1 pesawat A330-300, dan 2 pesawat A330-900neo. Adapun pengangkutan jamaah  dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap keberangkatan yang berlangsung pada 4 Juni – 3 Juli 2022 dan tahap kepulangan yang berlangsung pada 16 Juli – 14 Agustus 2022.

Baca Juga :  Pemprov NTB Serahkan Bantuan APD dan Hand Sanitizer ke Pemkot Mataram

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam rilisnya mengatakan, Garuda Indonesia  berkomitmen menghadirkan penerbangan haji yang aman dan nyaman bagi para jamaah, terlebih perjalanan haji tahun ini merupakan perjalanan yang telah dinantikan selama lebih dari 2 tahun. 

“Dipercaya untuk kembali melayani penerbangan haji ditengah masa adaptasi kebiasaan baru, tentu menjadi kehormatan dan bagian dari manifestasi kami sebagai national flag carrier untuk memastikan perjalanan ibadah para jamaah dapat terlaksanakan dengan lancar, aman dan nyaman,” papar Irfan.

Untuk memberikan nilai tambah bagi para jamaah, jelas Irfan Garuda Indonesia menghadirkan berbagai pilihan hiburan In-flight Entertainment bernuansa islami selama penerbangan, baik pada saat keberangkatan maupun pada waktu kepulangan. Tak hanya itu, para jamaah juga akan mendapatkan inflight catering sesuai menu khas daerah embarkasi.

“Kami akan terus memantau kesiapan operasional penerbangan haji tahun ini melalui koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan demi memastikan seluruh rangkaian penerbangan haji tahun ini dapat berjalan lancar, tepat waktu, dan memberikan kenyamanan kepada seluruh jamaah. Kami mengimbau para jamaah senantiasa menerapkan protokol kesehatan agar jamaah dalam keadaan sehat hingga tiba kembali di Tanah Air,” harapnya. (red/shy)