Jangan Pernah Berhenti Berbagi dan Berbuat Kebaikan

Religi38 Views

Rasulullah SAW bersabda, “Kendatipun hari kiamat segera datang, sedang di tangan salah seorang dari kalian terdapat satu bibit pohon kurma, dan kiamat itu tidak segera datang sebelum ia menanam bibit itu, maka hendaklah dia menanamnya.” [ HR. Al-Bukhari ].

BERBAGI News – MENJALANI lalu lintas hidup dan kehidupan ini, rasanya kurang sempurna dan lengkap, jika tidak berbagi kebaikan pada orang lain, sebab dengan berbuat baik kita akan bisa membangun sosial yang baik.

Islam merupakan agama yang rahmatan lil’alamin. Yaitu pada setiap hal di dalam Islam memiliki kebaikan untuk semua hal yang ada di dunia.

Islam mengatur semua hal yang berkaitan dengan kehidupan ini. Di dalamnya mengatur tentang hak-hak manusia, bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain, bahkan juga mengatur tentang hak-hak binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Maka dari itu, kita sebagai seorang muslim harus menjadi orang yang dapat menyebarkan kebaikan dan jangan pernah berhenti berbagi dan berbuat baik kepada sesama. Seperti itulah mestinya seorang yang memegang teguh Islam yang rahmatan lil’alamiin ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan seorang mukmin itu seperti pohon kurma, apapun yang engkau ambil darinya pasti bermanfaat bagimu.” [ HR. Thabrani ].

Seorang Muslim itu memiliki kontribusi yang besar untuk sesama. Apa yang diperbuat oleh seorang Muslim itu adalah kebaikan bagi orang lain dan tidak menjadi mudorat bagi orang lain.

Dengan demikian, maka keberadaan kita sebagai seorang Muslim harus bisa menjadi manfaat bagi orang lain.

Allah SWTberfirman: “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya [pada hari kiamat]. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” [QS. Al-Baqarah: 148].

Seseorang yang berbuat baik di dunia dan beriman kepada Allah serta mengerjakan amal shalih, maka Allah SWT memberi kabar gembira. Bahwasanya amal kebaikan yang mereka kerjakan akan menjadi penolong bagi mereka, salah satunya adalah amalan sedekah.

Kabar gembira ini merupakan salah satu motivasi seorang muslim dari Allah SWT, bahwa semua perbutan baik tidak sia-sia disisi Allah SWT, dan kelak akan membuahkan hasil yang menyenangkan.

Allah SWT berfirman: “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik [surga] dan tambahannya. Dan mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak [pula] kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” [QS. Yunus : 26].

Oleh karena itu, jangan meremehkan berbuat baik sekecil apa pun walau hanya dengan senyum manis tatkala bertemu, begitu pula hanya membantu urusan saudara kita yang ringan.

Rasulullah SAW berkata pada Jabir bin Sulaim: “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” [ HR. Abu Daud dan Tirmidzi ].

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin Rahimahullah ketika menjelaskan penggalan hadist diatas mengatakan; “Nabi Muhammad SAW memerintahkan pada Jabir bin Sulaim agar tidak meremehkan kebaikan sekecil apapun.

Di tegaskannya lagi bahwa setiap kebaikan hendaklah dilakukan, baik itu ucapan maupun perbuatan. Kebaikan apapun jangan diremehkan. Kebaikan itu adalah bagian dari berbuat ihsan. Allah SWT mencintai orang-orang muhsin [yang berbuat baik].

Maka, alangkah baiknya kita semua tidak sungkan untuk mengerjakan kebaikan walaupun hanya sekecil apapun seperti hanya dengan bermurah senyum, karena pasti akan mendapatkan balasan baik di dunia maupun di akhirat.

Yuk saudaraku yang dermawan, jangan pernah kita berhenti berbagi atau lelah dalam berbuat baik, karena Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan semua perbuatan baik kita. Wallahu a’lam bish shawab. (asn)

Baca Juga :  Menyiapkan Generasi Masa Depan Yang Kuat dan Betanggung Jawab