by

Peduli Alam, 1500 Bibit Pohon dibagikan Kelompok KKN Desa Setanggor

Lombok Tengah, BERBAGI News – Memanfaatkan lahan kosong dan pentingnya penghijauan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) membagikan bibit pohon di Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah.

“Jumlah Bibit pohon yang kami bagikan ke masyarakat berjumlah 1500 bibit. Ini menjadi salah satu program kerja (Proker) kami, pembagian bibit pohon tersebut dilakukan di 14 Dusun yang ada di Desa Setanggor,” kata Ketua Kelompok Mahasiswa KKN Desa Setanggor, M. Islahul Imam Tsani, melalui rilis yang diterima, Rabu (13/07/2022).

Jelas Islahul, Pembagian bibit pohon dimulai sejak selasa 05 Juli 2022, yang melibatkan para kepala dusun (Kadus) yakni Dusun Setanggor Timur I, Setanggor Timur II, Setanggor Timur III, Rungkang, Temopoh, Setanggor Barat l, Setanggor Barat II, Mertak Seni, Bilang Beke, Jalan Unde, Pondok Rejeng, Montong Waru, Montong Buwuh, dan Tiu Borok.

Proker ini, katanya, dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman penghijauan kepada masyarakat Desa Setanggor, sekaligus memanfaatkan lahan kosong dan lahan warga yang tersedia.

“Bibit Pohon yang dibagikan seperti Pohon sentul, Ceruring, jambu kristal, matoa, dan sawo,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan yang terdapat di pekarangan rumahnya ataupun di kebun masyarakat itu sendiri, selain itu untuk terus melestarikan lingkungan di sekitarnya agar tetap asri.

Pembagian bibit pohon ini mendapat sambutan yang sangat baik dan antusias dari kepala Dusun dan masyarakat Setanggor sangat tinggi terlihat pada saat masyarakat membagikan bibit pohon tersebut.

“Semoga dengan kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Desa Setanggor dan bisa dinikmati dengan waktu yang lama,” ungkap kadus Setanggor Barat 1, Amaq Antok.

Baca Juga :  Sosialisasi Mahasiswa KKN Unram, Pengolahan Daun Sereh Wangi menjadi Minyak Oles di Desa Sedau

Sementara itu, salah seorang warga Dusun Setanggor Barat 1, Yahya, berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar dan bisa di jadikan sebagai salah satu mata pencaharian dari hasil pohon yang telah di bagikan tersebut.

Kelompok KKN berharap dengan program kerja ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bernilai guna kedepannya dan kegiatan dapat bernilai ibadah dan diridhoi Allah SWT. (red)