Dispar Lobar Gelar Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi Wahana Air

Pariwisata221 views

Lombok Barat, BERBAGI News – Sebanyak 40 peserta dari pengelola wahana air di Lombok Barat mendapatkan pelatihan keamanan dan keselamatan destinasi oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar), Rabu (13/7/2022).

Kepala Dispar Lobar H. M. Fajar Taufik saat memotivasi peserta pelatihan mengatakan, destinasi wisata agar selalu dikunjungi wisatawan dan membuatnya berkelanjutan memerlukan perhatian khusus seperti akses, atraksi dan amenitas. Selain itu ada juga yang tidak kalah penting adalah masalah keamanan dan keselamatan di destinasi.

“Agar selalu dikunjungi wisatawan, objek wisata ibu bapak harus bisa menjamin keamanan dan keselamatan, itu kuncinya. Setelah keluar dari pelatihan ini, maka ibu bapak berkewajiban menularkan ilmu ini kepada orang-orang yang ada di objek wisata itu,” pesannya.

Pelatihan yang digelar di Hotel Kawasan Senggigi ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid. Saat membuka bupati mengatakan sangat menyambut baik pelatihan yang digelar Dispar Lobar ini. Menurutnya ini adalah salah satu cara meyakinkan wisatawan agar mau berkunjung ke Lobar.

“Saya berharap ibu dan bapak jangan anggap remeh pelatihan semacam ini. Jangan sekedar ikut tapi kita serius mengikutinya karena manfaatnya akan kita rasakan nanti pada waktu berhadapan dengan para wisatawan,” pesan Bupati.

Sementara itu Kepala Bidang Destinasi dan Jasa Usaha Pariwisata Dispar Lobar L. Bandarungsit menjelaskan bahwa kegiatan ini akan digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 13 sampai 15 Juli 2022.

Tujuan pelatihan ini, kata Bandarungsit adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan penanganan keamanan dan keselamatan di destinasi wahana air.

“Tujan lain dari pelatihan ini juga agar pengelola wahana air ini bisa menyusun SOP penanganan keamanan dan keselamatan di objek wisata mereka,” kata Bandarungsit. (red)