by

30 Hari Belajar Bahasa Jepang, Siswa LPKS BTLK KLU Tanda Tangan kontrak Magang

Mataram, BERBAGI News – Salah seorang wali/orang tua peserta pemagangan asal Dusun Terengan Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Mas’ud (73 tahun) merasa bangga dan bersyukur atas kontrak yang ditandatangani dan diterima anaknya untuk pemagangan ke Jepang.

Mas’ud mendampingi anaknya Ispahan Ahmad Joni (27 tahun) untuk melakukan penandatanganan kontrak kerja pemagangan ke Jepang yang bertempat di Kantor Utama Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Bali Tosha Lombok Kochi di Mataram. Sabtu (16/07/2022).

“Alhamdulillah, saya bangga sama Joni, baru sebulan ikut pelatihan dan lulus interview,” ungkapnya haru.

Joni terdaftar sebagai peserta pemagangan di LPKS BTLK Cabang Kabupaten Lombok Utara (KLU), mengikuti pelatihan bahasa pada bulan Maret 2022 dan mengikuti sesi wawancara pada bulan April 2022. Joni lulus bersama 1 peserta lainnya, Angga Afrioga asal Dusun Leong Barat Desa Tegal Maja kecamatan Tanjung Lombok Utara.

“Mudah-mudahan dia tetap sehat. Mendapatkan rizki dan kembalinya nanti dari Jepang bisa mandiri,” harap Mas’ud.

Kontrak Kerja pemagangan dibacakan langsung oleh legal consultan LPKS BTLK, Essuhandi, SH, bahwa terkait program magang tehnis Jepang ini, bukan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), dan ini program resmi bukan illegal.

“Kalian nanti di jepang magang atau training bukan menjadi TKI. Uang yang diterimapun bukan gaji melainkan uang saku,” jelasnya.

Kata Andi, kalau dari Pemerintah sendiri melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi hanya melakukan perekrutan pemagangan satu kali setahun, berbeda dengan di LPKS BTLK, setiap saat bisa menerima dan mengirimkan peserta pemagangan sepanjang ijin sudah dikirimkan pihak perusahaan Jepang.

Photo: (Kiri), Angga Afrioga, Lalu Muhammad Sakurawan, Andre Saputra dan Ispahan Ahmad Joni.

Sementara, Kepada Media, Kepala Cabang BTLK Lombok Utara, Aldo Alatas, mengatakan, hari ini dari Cabang Lombok Utara ada dua orang yang melakukan tanda tangan kontrak kerja magang.

Baca Juga :  Bongkar Sendiri Bangunan, Pemilik Lahan Enclave Lingkar Sirkuit Mandalika Kosongi Lahan Secara Sukarela

“Keduanya ini merupakan siswa kami terakhir yang lulus interview terima kontrak kerja magang,” kata Aldo.

Joni melakukan tanda tangan kontrak pemagangan bersama 2 peserta lainnya, siswa BTLK Kantor Utama, Andre Saputra asal Dusun Kumbi Desa Pakuan Kecamatan Narmada Lombok Barat, dan Lalu Muhammad Sakurawan asal Dusun Punimbe Desa Ubung Kecamatan Jonggat Lombok Tengah.

Keempatnya akan magang pada perusahaan yang sama yakni Perusahaan Konstruksi di Edogawa-ku, Tokyo, Jepang dan direncanakan tiba di Jepang pada tanggal 1 September 2022. (shy)