by

Inovasi Baru di Desa Batu Rakit, Mahasiswa KKN Unram Kenalkan Aquaponik

Lombok Utara, BERBAGI News – Kehadiran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram di Desa Batu Rakit Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara menjadi berkah bagi masyarakat setempat. Salah satu kegiatan yang dilakukan kelompok KKN Tematik Universitas Mataram yakni membantu masyarakat optimalkan pekarangan rumah dengan konsep Rumah Pangan Lestari (RPL).

Konsep RPL yang dimaksud bercocok tanam dengan media paralon dan kolam ikan sebagai sumber pengairan tanaman, sistem aquaponik ini menjadi sistem penanaman baru di Desa Batu Rakit.

“Bercocok tanam tidak harus membutuhkan bidang tanah yang luas. Sistem aquaponik ini diperkenalkan selain menghemat tempat karena bisa ditanam di halaman rumah yang ukurannya hanya beberapa meter saja, pengelolaannya juga cukup mudah dan praktis,” kata ketua kelompok KKN Desa Batu Rakit, Rifky kepada media melalui rilis yang diterima. Senin (18/07/2022).

Jelas Rifky, Kelompok KKN Unram hanya ingin mengenalkan kepada warga, cara bercocok tanam yang cukup mudah  dan tidak butuh lahan yang luas.

Sebagai contoh awal, Kelompok mahasiswa KKN Unram memperlihatkan model penanaman berbagai jenis sayuran kepada warga setempat, berlokasi di halaman rumah penghulu Desa Batu Rakit.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Rakit, Rismana S.Pd mengapresiasi langkah inspirasi dan inovasi para mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram tersebut. Bercocok tanam dengan sistem aquaponik katanya sebagai metode yang  baru di kalangan masyarakatnya.

“Ide ini sangat bagus dan kami berikan apresiasi sebaik-baiknya kepada para mahasiswa yang sedang KKN ini,” kata Rismana, sesekali mengacungkan jempolnya.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram masih berlangsung sampai dengan tanggal 3 Agustus 2022 dan selama KKN mahasiswa dituntut terus berkreasi untuk membantu masyarakat mengembangkan potensi yang ada. (ftr)