by

1.100 Bibit Pohon diberikan Mahasiswa KKN Unram sebagai Perlindungan Mata Air

Lombok Utara, BERBAGI News – Sebagai bentuk upaya perlindungan kawasan mata air untuk pelestarian dan optimalisasi potensi di Desa, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) menyerahkan 1.100 Bibit kepada Pemerintah Desa Pemenang Timur dan Kelompok Tani Hutan KTH Buani Permai. Penyerahan dilakukan secara simbolis yang bertempat di di Dusun Jeliman Ireng, Desa Pemenang Timur, kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara pada Selasa 19 Juli 2022.

“Bibit terdiri dari 400 bibit pohon beringin, 100 bibit pohon kemiri, 100 bibit pohon Sentul, 100 bibit pohon bajur, 152 bibit pohon Nangka, 100 bibit pohon rambutan, 90 bibit pohon ceruring, 48 bibit pohon durian dan 10 bibit pohon kayu putih,” kata Ketua Kelompok KKN Unram Desa Pemenang Timur, M. Fauzul Akbar.

Kegiatan penyerahan bibit pohon, kata Fauzul, sebagai program kerja yang telah direncanakan oleh Kelompok KKN Universitas Mataram. Kegiatan ini merupakan salah satu program untuk merevitalisasi sumber mata air dengan menanam pohon di sekitar sumber mata air tersebut agar sumber mata air dapat terjaga dengan baik.

Ketua KTH Buani Permai, Sopian, menyampaian, penanaman bibit pohon tersebut akan di tanam disekitar kawasan sumber mata air mulai dari daerah Sakan Mancing, Dusun Koloh Tanjung – Desa Pemenang Timur hingga sungai Kerujuk – Desa Pemenang Barat.

“Penanaman bibit pohon tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan daya dukung dan fungsi lahan untuk mengoptimalisasi ketersediaan air bersih untuk masyarakat di Desa Pemenang Timur khususnya,” Katanya.

Sementara, Ketua RT. 01 Dusun Jeliman Ireng, Kemianom, menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bantuan dan inisiatifnya memberikan bibit.

“Nantinya bisa dimanfaatkan oleh warga kami dan apa yang menjadi tujuan dan cita-cita Kelompok KKN Unram Desa Pemenang Timur dapat tercapai,” harapnya. (ell)