by

Cegah Stunting, Tim KKNT Unram Menggelar Penyuluhan di Desa Setungkeplingsar

Lombok Timur, BERBAGI News – KKN Tematik Universitas Mataram Desa Setungkeplingsar Periode Juni – Agustus telah menyelenggarakan kegiatan penyuluhan stunting kepada masyarakat Desa Setungkeplingsar yang bertempat di Aula Kantor Desa.

Penyuluhan stunting ini dihadiri oleh aparatur desa, kepala dusun, masyarakat sasaran yaitu, Ibu-Ibu Menyusui dan Ibu-Ibu dengan 1000 HPK.

Ketua Kelompok KKN, Didik Pratama, mengatakan, penyuluhan stunting ini merupakan salah satu program kerja utama Tim KKNT Unram Desa Setungkeplingsar.

“Penyuluhan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang stunting seperti ciri-ciri atau karakteristik, indikasi, pencegahan, penanganan stunting dengan baik dan tepat'” kata Didik.

Dalam penyuluhan tersebut, H. Muhamin, S.Ap., yang bertindak sebagai pemateri dari UPT DP3AKB Kecamatan Keruak, menerangkan secara sederhana tentang stunting, dimulai dari definisi, faktor penyebab, kemudian solusi untuk pencegahannya.

“Stunting ini sederhanya adalah masalah kekurangan gizi kronis karena kurangnya asupan makanan yang bergizi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya stunting ini. Tapi, kita ambil 2 faktor saja yang sangat terlihat yaitu, sumber air minum utama yang tidak layak, dan ketersediaan jamban yang tidak layak juga,” Ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa stunting ini dapat dicegah setidaknya dengan 3 cara yaitu, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, melakukan pemeriksaan janin bagi ibu hamil selama 4x sebulan selama masa kehamilan, memberikan ASI eksklusif kepada anak selama 6 bulan.

KKNT Unram Desa Setungkeplingsar, berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja untuk menunaikan kewajiban. Namun, masyarakat sasaran dapat menghayati dan mengimplementasikan materi yang disampaikan. red)

Baca Juga :  Isu-Isu dalam Dunia Pendidikan: Rendahnya Pemerataan Kesempatan Pendidikan di Indonesia