Upaya Pencegahan Bencana, KKN Unram Lakukan Penanaman Pohon di Desa Rawan Longsor

Lombok Barat, BERBAGI News – KKN Tematik Universitas Mataram (UNRAM) bidang Desa Tanggap Bencana (DESTANA) melaksanakan penanaman 600 bibit pohon di Desa Mekarsari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sabtu (9/7/2022)

Desa Mekarsari merupakan salah satu Desa yang memiliki potensi wisata alam dan lingkungan yang sangat indah sehingga perlu untuk dijaga keasriannya. Selain memiliki potensi di bidang pariwisata, Desa Mekarsari juga memiliki potensi di bidang pertanian dan perkebunan. Akan tetapi, Desa ini termasuk Desa yang rawan terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Mahasiswa KKN tematik UNRAM beserta Pemerintah daerah dan warga Desa Mekarsari melaksanakan penanaman bibit pohon di titik rawan bencana sebagai upaya preventif terjadinya bencana alam tersebut.

Penanaman bibit pohon ini mendapat tanggapan baik dari masyarakat dan Pemerintah Desa Mekarsari. Mahasiswa KKN UNRAM beberapa kali melakukan pertemuan untuk mendiskusikan jenis pohon dan titik penanaman yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan Desa.

Selain itu, Bapak Tohri, S.I.P, Kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Lombok Barat memberikan saran terkait jenis bibit pohon yang pas untuk ditanam. Beliau menjelaskan bahwa dalam melaksanakan penanaman pohon, mahasiswa harus mempertimbangkan pemilihan bibit pohon yang bernilai ekonomis tinggi dan memiliki manfaat yang tepat bagi masyarakat sekitar.

Penanaman bibit pohon ini dilakukan di beberapa Dusun seperti Dusun Ranjok Barat, Ranjok Timur, dan Malaka.

Ketua kelompok KKN Tematik UNRAM Desa Mekarsari, M. Dapir berharap bibit pohon yang ditanam bisa berguna untuk menanggulangi bencana banjir dan longsor.

“Harapan saya selaku ketua kkn mekarsari 2022. Dengan adanya penanaman bibit pohon dapat menanggulangi bencana banjir dan Longsor yg kerap terjadi di Desa Mekarsari. Adapun Jenis bibit yg kita tanam antara lain, bibit Rajumas, Sentul, Kepundung, Sawo dan Jambu Kristal.” Ungkapnya.

Baca Juga :  KKN Unram Desa Menggala kembangkan Sayuran Hidroponik Wick dan POC Serabut kelapa

Dengan adanya kegiatan penanaman bibit pohon yang dilakukan oleh KKN Tematik UNRAM ini masyarakat berharap akan dapat mampu membantu Desa Mekarsari untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor yang dapat terjadi kapan saja. (KKN)