Pakan Ternak Alternatif, Mahasiswa KKN Unram Bagikan 400 Bibit Lamtoro di Desa Sesait

Lombok Utara, BERBAGI News – Upaya untuk memberikan alternatif pakan ternak sapi yang berkualitas, Mahasiswa KKN tematik Universitas Mataram (Unram) melakukan pembagian dan penanaman bibit lamtoro di Desa Sesait Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara kepada setiap kandang kolektif yang tersebar di beberapa Dusun yang ada di Desa Sesait.

Pembagian dan penanaman bibit lamtoro dilakukan sejak tanggal 25 hingga 26 Juli 2022, merupakan salah satu dari program kerja kelompok KKN Tematik Unram yang berada di Desa Sesait. Kegiatan ini dilakukan melihat banyaknya petani ternak yang ada di Desa Sesait yang mayoritasnya berternak sapi. Akan tetapi pakan sapi yang digunakan masih terbatas pada rumput gajah sebagai pakan ternak utama.

Pemilihan bibit lamtoro sebagai pakan ternak juga didasarkan pada banyak hasil riset yang menunjukkan bahwa lamtoro mengandung nutrisi yang baik untuk ternak.

“Penanaman bibit lamtoro ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh masyarakat di Desa Sesait. Kami merasa terbantu karena kami memiliki alternatif lain untuk menjadi pakan ternak selain menggunakan Rumput Gajah”. Ungkap Suparman penasehat kelompok tani ternak Dusun Bat Pawang.

Sebanyak kurang lebih 400 bibit lamtoro yang dibagikan ke 20 kandang kolektif yang tersebar di 12 Dusun di Desa Sesait.

“Kedepannya kami berharap akan ada lebih banyak lagi bibit yang dibagikan sehingga para peternak sapi tidak hanya terpaku pada rumput gajah sebagai pakan ternak mereka, karena lamtoro termasuk tanaman yang mudah perawatannya tetapi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi menurut banyak riset” ungkap Ketua Kelompok KKN, Haekal Ardiansyah.

KKN Tematik Unram Desa Sesait berharap kedepannya akan ada lebih banyak bibit lamtoro yang bisa ditanam sebagai alternatif bagi para peternak untuk menambah nutrisi bagi hewan ternak yang ada didesa Sesait. (red)

Baca Juga :  Sampah jadi Berkah, Gerakan Ekofeminisme Wanita Desa Tempos Lombok