Potensi yang ada,Fakultas Pertanian 45 Edukasi Pembuatan Pupuk Organik

Pendidikan54 Views

Mataram, BERBAGI News – Praktik Pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan potensi di lingkungan sekitar dilakukan Fakultas Pertanian Universitas 45 Mataram di lokasi praktikum di dusun Tanak Tepong Desa Peresak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Minggu (15/10/2022).

Bersama sejumlah mahasiswa dari Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) pertanian, bem Fisipol, bem hukum, bem Perikanan dan mahasiswa lainya.

Puluhan mahasisaa tersebut hadir untuk praktik membuat racikan pakan dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar.

Menurut Kepala Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas 45 Mataram, Siti Zainab yang melakukan bimbingan terhadap mahasiswa menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat membuat pupuk dengan potensi yang ada di sekitar seperti memanfaatkan kotoran hewan.

“Tujuan dari praktek ini agar para mahasiswa dapat memahami dan mampu membuat pupuk organic sehingga penggunaan pupuk organik ini dapat mengurangi pemakaian pupuk anorganik (kimia) sehingga dapat menghemat pengeluaran petani dan juga dapat memperbaiki tekstur tanah yang rusak karena penggunaan pupuk kimia dalam waktu yang lama,” ungkap Zaenab.

Zaenab berharap dengan adanya praktek ini, mahasiswa dapat memanfaatkan sampah dan kotoran hewan menjadi produk yang lebih bermanfaat dan mahasiswa dapat memproduksi pupuk sendiri untuk penggunaan pupuk organik di kebun dan sawah.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa Hal Taufik yang mengikuti praktek menyampaikan praktek ini sangat baik bagai para mahasiswa untuk ikut serta dalam berpartisipasi, berinovasi dan belajar serta menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan tentang pupuk organik.

“Dengan praktok ini kami Mahasiswa bisa menciptakan atau memberikan tekhnologi baru dan tepat yang harus di berikan kepada masyarakat untuk dapat di jadikan bahan untuk pengomposan,” Kata Ketua bem fakultas pertanian ini. (abd)

Baca Juga :  Bentuk Forum Madrasah Diniyah, Wahana Komunikasi, Penyebaran Informasi dan Berbagi Ide Gagasan