Cuaca Ekstrim, Wali Kota Mataram Genjot Performa Tim Siaga Bencana

Daerah57 Views

Mataram, BERBAGI News – Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana genjot performa Tim Siaga Bencana Kota Mataram. Secara khusus Ia menginstruksikan pembentukan Tim Siaga Bencana di tingkat kelurahan, sebagai perpanjangan tangan Tim Siaga Bencana Kota Mataram yang telah dibentuk beberapa waktu yang lalu.

Instruksi ini disampaikan saat rapat koordinasi siaga bencana yang dihadiri Asisten I Sekretaris Daerah (Setda) Kota Mataram L Martawang, Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram Mahfudin, Kepala Dinas Sosial Kota Mataram Sudirman, camat dan lurah se Kota Mataram.

Dalam instruksinya, Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana meminta unit siaga bencana ditingkat kelurahan memantau setiap potensi bencana dan melaporkan secara cepat kepada Tim Siaga Bencana Kota Mataram.

“Terlebih BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) telah memberikan peringatan bahwa puncak cuaca ekstrim diperkirakan pada bulan Desember dan Januari tahun depan (2023).” ujarnya disela-sela rapat yang digelar di Aula Pendopo Wali Kota Mataram. Selasa (08/11/2022).

Secara infrastruktur, Tim Siaga Bencana Kota Mataram telah membuat posko kebencanaan yang berpusat di Pendopo Wali Kota Mataram. Posko tersebut telah disiapkan dengan berbagai macam peralatan yang mendukung evakuasi jika terjadi bencana alam. Selain itu, dilengkapi juga dengan logistik berupa selimut, obat-obatan, dan peralatan pertolongan pertama jika ada korban jiwa.

“Kondisi akhir tahun menuntut kita untuk bekerja ekstra,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Mataram, L. Martawang menjelaskan Tim Siaga bencana ditingkat kelurahan harus siap dengan kondisi alam yang anomali, dan melaporkan setiap potensi bencana alam melalui jaringan komunikasi yang telah dibentuk untuk memudahkan Tim Siaga Bencana Kota Mataram mengambil tindakan penanganan yang cepat dan tepat. (**)

Baca Juga :  Tangan Berbagi dan LAZ DASI NTB Fasilitasi Kepulangan Mahasiswi Penderita Jantung Bocor