Ini Arti Logo Hari Pahlawan 2022

Berita Utama50 views

BERBAGI News – Kementerian Sosial (Kemensos) sudah merilis logo Hari Pahlawan 2022. Dilansir situs Kemensos RI, logo Hari Pahlawan 2022 memiliki sejumlah arti.

Kepal Tangan: Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kezaliman para penjajah.

Perisai Pancasila: Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila menandakan pahlawan sebagai anak bangsa yang rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.

Simbol Cinta: Simbol itu dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama halnya seperti pahlawan, mereka rela berkorban karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.

Bambu Runcing: Bambu runcing adalah senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi para pahlawan bangsa yang pernah berjuang dan melawan para penjajah untuk mendapatkan kemerdekaan negara Indonesia.

Tema Hari Pahlawan 2022 adalah “Pahlawanku, Teladanku.” Hari Pahlawan 10 November untuk memperingati dan menghormati perjuangan para pahlawan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Sesuai tema Hari Pahlawan 2022, momentum nasional itu diperingati untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, beberapa kegiatan resmi yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2022, yaitu:

Upacara Bendera Merah Putih dilaksanakan pada 10 November 2022 pukul 08.00 WIB.

Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata tanggal 10 November 2022 pukul 08.00 WIB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Upacara Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November 2022 pukul 08.00 WIB di Perairan Teluk Jakarta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.Selain itu, Kemensos mengimbau agar seluruh rakyat Indonesia ikut mengheningkan cipta pada Hari Pahlawan  10 November 2022. Kemensos mengajak masyarakat mengheningkan cipta mulai pukul 08.15 waktu setempat secara serentak selama 60 detik. (IP)