UTS Mengajar, Sabtu Budaya dengan Kelas Kewirausahaan di SMKN 3 Sumbawa

Reporter : Wahyu Kurniawan

Pendidikan56 Views

Sumbawa, BERBAGI News – Tim Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mengajar di SMKN 3 Sumbawa program studi akuntansi melakukan Sabtu budaya dengan digantikan dengan Kelas Kewirausahaan dada Sabtu 12 November 2022.

Tim UTS mengajar mengambil tema untuk kegiatan kelas kewirausahaan ini adalah “Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada gen Z diera industri 5.0”.

Peserta kelas kewirausahaan merupakan delegasi dari  jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran (OTKP), dan Bisnis daring pemasaran (BDP).

Didalam sambutannya, kepala sekolah SMKN 3 Sumbawa diwakili PLT kepala sekolah Akmaludin, S.Pd menerangkan, cakupan dalam SMK ini ada tiga yaitu kuliah, bekerja, dan berwirausaha.

“Dengan giat tim UTS mengajar SMKN 3 Sumbawa Prodi akuntansi membuat program kelas kewirausahaan akan menjadi bekal siswa siswi setelah lulus sekolah nanti,” ungkap Akmal.

Didalam kelas kewirausahaan para siswa siswi atau peserta kelas seminar kewirausahaan diberikan materi terkait kewirausahaan dan cara pencatatan laporan keuangan sederhana dalam wirausaha.

Disamping itu juga pemateri, Savela Meidiana Yuestya, S.Ak memberikan simulasi dari materi yang telah disampaikan. Dimana pemateri membagi menjadi 3 kelompok yaitu terdiri dari kelompok berwirausaha dalam kuliner, fashion, dan jasa.

“Dimulai dari mendiskusikan pembentukan struktur organisasi ketika berwirausaha, analisis SWOT, bagaimana pencatatan laporan keuangan sederhana dalam berwirausaha. Kemudian mereka mempresentasikan hasil dari diskusi mereka,” papar Savela.

Hal itu dilakukan, jelasnya untuk memberikan pengetahuan secara langsung kepada peserta kelas kewirausahaan dan materi yang telah disampaikan oleh pemateri dapat terserap dan bisa digunakan dalam kehidupan berwirausaha.

Kegiatan Kelas Kewirausahaan ini dihadiri PLT kepala sekolah SMKN 3 Sumbawa, guru produktif dari jurusan, dan pemateri Kelas Kewirausahaan.  (**)

Baca Juga :  Debat 4 Pilar Kebangsan, Membangun Spirit Patriotisme Bagi Generasi Muda