Pentingnya Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Oleh : Isma Nurkholis Tarmizi

BERBAGI News – Kenapa musim hujan rentan penyakit? Hal ini dikarenakan saat musim hujan tubuh lebih muda terserang penyakit, akibat perubahan suhu pada lingkungan. Saat musim hujan jenis mikroba akan lebih muda berkembang biak dan mudah masuk ketubuh manusia. Daya tahan tubuh yang tidak sehat semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga yang menyebabkan penyakit.

Berikut ini cara menjaga kesehatan selama musim hujan yang bias kita praktikkan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit:

Sedia payung sebelum hujan

Pepatah di atas memang benar. Cara yang paling efektif agar tidak terserang sakit selama musim hujan adalah dengan memakai perlengkapan pelindung dari hujan seperti payung, jas hujan atau jaket bertudung, dan sepatu tahan air saat Anda ke luar rumah ketika hujan tiba. Usahakan memakai pelindung hujan ketika Anda beraktifitas di luar saat hujan.

Segera Mandi Setelah Kehujanan

Sekilas, saran ini tampaknya tidak masuk akal. Namun mandi segera setelah basah kuyup oleh hujan benar-benar masuk akal dan sangat bermanfaat. Penyakit dapat muncul ketika tubuh Anda mengalami perubahan suhu yang drastis. Mandi dengan segera akan menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan sekaligus membersihkan tubuh Anda dari kuman dan kotoran. Saat Anda mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal. Selanjutnya hangatkan diri Anda dengan minum teh hangat atau makan kuah hangat.

Olahraga Rutin Jangan Ditinggalkan

Tetap lakukan olahraga rutin meskipun hujan turun. Walaupun olahraga outdoor jadi berkurang intensitasnya karena cuaca yang tidak bersahabat, Anda bisa mencoba aneka olahraga yang bisa dilakukan secara indoor, seperti senam aerobik, sit up, push up, atau skipping (lompat tali). Olahraga yang teratur akan sangat baik untuk menjaga stamina tubuh Anda.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Berwirausaha Masyarakat Desa Lenek Pesiraman, KKN Unram gelar Sosialisasi Kewirausahaan

Menjaga Kebersihan Tangan

Menurut peneliti medis, cara terbaik kuman masuk ke tubuh kita adalah melalui tangan kotor. Kita menggunakan tangan kita di hampir setiap kegiatan, sehingga berbagai macam kuman dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita setiap saat. Untuk menjaga diri agar tetap terlindung, bersihkan tangan Anda secara teratur. Pastikan Anda senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Cuci tangan Anda setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan yang kotor, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut Anda.

Memakai Pakaian yang Kering

Cucian yang tak mau kering adalah kendala di musim hujan, karena matahari seakan tak mau bersinar. Meski begitu, cari cara agar cucian Anda bisa kering sepenuhnya. Pakaian yang lembab berarti masih menyimpan air dan bisa jadi sarang bagi kuman penyakit.

Minum Air yang Cukup

Saat musim hujan, cuaca dingin membuat Anda tidak merasa haus dan malas untuk minum. Padahal tubuh kita tetap memerlukan cairan setiap harinya. Pastikan Anda tetap minum air yang cukup selama musim hujan.

Menurut dokter medis menjaga kesehatan dalam musim hujan adalah ketidak keseimbagan daya tahan tubuh atau imun tubuh. Sebagian besar penyakit dan infeksi dimusim hujan berasal terjadi karena penurunan kekebalan tubuh, selain itu penyakit dimusim hujan juga mendapat pemgaruh dari kondisi udara lembap yang berlebihan di atsmosfer. Tak heran, jika anda menjadi rentan mengalami batuk,pilek,dan demam. Menurut kementrian kesehatan, pada saat musim hujan memang menjadi kesempatan mikroorganisme yang membuat sakit menyerang manusia. Nah, dengan meningkatkan daya tahun tubuh bias mencegah masuknya mikroorganisme tersebut.

Baca Juga :  “Ecobrik Medas Lombok” Ubah sampah jadi Bangunan Ramah Lingkungan dan Tahan Gempa

Oleh karena itu untuk mengatasi ini, lamgkah pertama yang dilakukan adalah mengomsumsi vitamin C, makan makanan bergizi, dan minum banyak air untuk membantu meningkatkan kekebalan anda. Makan sayuran dan buah-buahan yang tinggi antioksidan system kekebalan yang lebih kuat. Semoga kita tetap dapat menghadapi musim penghujan dengan sehat dan aman dari penyakit. (**)