Talkshow Kesehatan oleh Terune Dedare STIKes Hamzar, Ketua STIKes: Saya dukung Penuh

Kesehatan354 Views

Lombok Timur, BERBAGI News – Untuk menambah rasa kritis (Critical thinking) mahasiswa/mahasiswa STIKes Hamzar dalam isu kesehatan terkini, Teruna Dedara STIKes Hamzar Lombok Timur mengadakan Kegiatan Talkshow Kesehatan yang diikuti 80an peserta.

“Tema yang kita ambil adalah Peran kontributif Mahasiswa Kesehatan Sebagai Agent of change dalam isu kesehatan terkini,” kata Raudatul Jannah, Dedare STIKes Hamzar saat kegiatan berlangsung di Aula STIKes Hamzar. Sabtu (10/12/2022).

Senada, dengan kegiatan tersebut, Teruna STIKes Hamzar, Lalu Herwandi Wiladarma, mengatakan setelah kegiatan ini dilaksanakan diharapkan mahasiswa STIKes Hamzar mampu membawa perubahan terutama di tempat masing-masing.

“Mahasiswa kesehatan harus mampu menggunakan skill-skill yang dimilikinya dalam mengatasi Isu-isu kesehatan terkini, agar membawa dampak baik, perubahan terhadap Masyarakat, Agama, Nusa dan Bangsa,” harap Herwandi.

Kegiatan Talkshow Kesehatan ini membahas tentang Isu Stunting dan AKI & AKB di Indonesia, di mana di ketahui isu yang di bahas itu adalah salah satu isu terkini di bidang kesehatan yang berada di Wilayah Indonesia.

Dirilis dari Kominfo Lombok Timur, menyebutkan angka stunting di NTB menempati posisi ke-7 terendah di Indonesia (Riskesdas, 2018). Per Desember 2018 jumlah rata-rata kasus stunting di NTB kurang lebih mencapai 37,2% (kurang lebih sekitar 150.000 anak).

Saat ini Lombok Timur berhasil memperbaiki posisi dari peringkat ke-9 menjadi peringkat 6 dari 10 Kabupaten/ kota di Nusa Tenggara Barat untuk prevalensi gagal tumbuh (stunting). Saat ini (hingga pekan ke-2 September) prevalensi stunting Lombok Timur berada di angka 17,63%.

Sementara, dalam sambutannya Ketua STIKes Hamzar, Drs. H. Muhammad Nagib, M. Kes, mendukung penuh kegiatan tersebut untuk terus dilaksanakan kedepannya.

“Kegiatan ini saya dukung penuh,” katanya.

Baca Juga :  Razia Prokes Covid-19, Petugas Gabungan Rapid Anti Gen: Ada 58 Pelanggar

Ketua STIKes Hamzar juga membacakan yel-yel teruna dedara STIKes Hamzar yang diikuti seleuruh peserta.

Turut hadir Ketua STIKes Hamzar, Wakil Ketua III Hamzar STIKes Hamzar, BEM STIKes Hamzar, Himpunan Mahasiswa Kebidanan, Himpunan Mahasiswa Keperawatan. Dan Narasumber AKI & AKB Nurannisa FA, S.Tr.Keb,.M.K.M dan Narasumber tentang Stunting Ns. Apriani Susmita Sari, S. Kep,.M.Kep.

Teruna Dedara STIKes Hamzar berharap, kegiatan ini akan ada sesi 2 dengan pembahasan isu yang beberda. Dan di harapkan terus berlangsung untuk kepengurusan teruna dedara selanjutnya. Dan di harapkan mampu menambah kegiatan-kegiatan positif kedepannya. (red)