Bahaya Konsumsi Rokok Bagi Kesehatan

Oleh: Tasril

Kesehatan83 Views

Rokok adalah sebuah benda yang bisa membuat kanker pada paru-paru apabila apabila terhirup dan menghisap asapnya.

Menurut WHO resiko dari mengkonsumsi rokok ini bagi kesehatan dapat terkena stroke dua kali lebih tinggi dan beresiko juga terkena terkena penyakit jantung empat kali lebih tinggi.

Rokok juga sangat sangat dapat merusak organ bagian lain dari tubuh kita di karnakan adanya sebuah zat yg berbahaya di dalam rokok tersebut dan jika di konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan penyakit jantung dan lain-lain.

Tidak hanya untuk pengguna rokok yg menghirup bau dari rokok juga akan terkena dampak negatifnya bahkan dampaknya lebih parah dari yang mengkonsumsinya. Yang dapat membuat kita candu dengan rokok adalah nikotin, nikotin memang merupakan zat yang membuat kita kecanduan akan rokok tersebut.

Dampak dari nikotin adalah meberikan efek terhadap tubuh dan fikiran. Saat seseorang mengkonsumsi tembakau otak akan melepaskan senyawa berupa nopamin.

Nopamin ini dapat memberikan dampak berupa pikiran ygmengkonsumsi rokok tersebut akan merasa bahagia.

Ciri-ciri kecanduan dengan rokok yaitu di antaranya pusing, mulut kering, batuk, sembelit, kemasan tidak menentu, hingga menyebabkan defresi.

Cara agar kita terhindar dari kecanduan merokok yaitu harus memiliki motivasi, berhentilah merokok secara total, harus mengenali waktu dan situasi saat anda sering merokok, dan yang paling penting yaitu menjauhi lingkup orang-orang yang mengkonsumsi rokok.

Pentingnya kita sebagai warga mengetahui bahwa mengkonsumsi rokok itu sangat tidak bagus untuk kesehatan baik itu secara fisik maupun mental. Orang tua harus mengetahui pentingnya bahaya dari rokok ini yg dapat menyebabkan kematian.

Dari pengertian rokok saja kita telah mengetahui bahwa rokok adalah barang yang dapat merusak organ tubuh pada manusia. Rokok memang sangat di gemari terutama pada anak zaman sekarang bahkan kita juga melihat anak-anak di bawah umur sudah mengkonsumsi rokok.

Baca Juga :  Wabah PMK, Obat Ternak di Lombok Tengah Langka

Disini peran orang tua sangat-sangat di perlukan untuk membina dan memberitahukan kepada anaknya bahaya rokok ini agar anak terhindar dari yang namanya kecanduan dan akan merusak tubuh kita.

Merokok mungkin masih merupakan hal biasa bagi sebagian orang karna bisa menjadikan hidupnya menjadi semangat, dan ada juga yang ingin terlihat keren di hadapan orang dan teman. Banyak orang yang mengetahui dampak dari merokok itu apa tetapi mereka masih saja melakukannya.

Ayo marilah kita budayakan yang namanya hidup sehat agar kedepannya kita bisa menjadi orang yang sukses dan berguna bagi orang tua kita dan negara. Dampak merokok bagi generasi muda sekarang adalah berkurangnya prestasi yang di miliki di sekolah maupun di luar.

Merokok juga dapat menyebabkan kita mengalami gejala batuk dan lain-lain. Merokok juga dapat menyebabkan pertumbuhan pada anak terganggu dandapat menimbulkan masalah kronis pada remaja.

Jadi stop mengkonsumsi rokok secara berlebihan karna akan menyebabkan kematian dan rusaknya organ pada tubuh kita.

Menurut WHO tiga juta orang mengalami kematian dini setiap tahunnya terkait konsumsi tembakau yang menyebabkan penyakit kardio faskular seperti serangan jantung dan stroke, penyebab kematian di dunia di karnakan mengkonsumsi tembakau tersebut.

Menghawatirkannya lagi adalah jumlah perokok anak ikut meningkat. Di sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa betapa pentingnya peran orang tua dalam kehidupan anak kedepannya. Jumlah perokok di indonesia yaitu 70,2 jura orang dewasa.

Mengkonsumsi rokok juga merupakan salah satu ancaman kesehatan tuerhadap masyarakat. Dikutip dari good stats dalam 6 tahun terakhir yang tercatat dari tahun 2015 hingga 2020, konsumsi rokok terendah di tahun 2018.

Upaya pemerintah agar menurunnya penggunaan rokok yaitu dengan cara yaitu penaikan harga rokok dan tidak adanya penjualan rokok secara eceran lagi. Peraturan pemerintah nomor 109 tahun 2012 pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan ( lembaran negara republik indonesia tahun 2012 nomor 278, tambahan lembaran negara nomor 5380). Hukum yang berlaku pada rokok menurut syaikh “kami berpendapat bahwa rokok hukumnya juga haram”.

Baca Juga :  Usai Perawatan Rujukan Akhirnya Keluarga Bawa Irvan Pulang

Sebagian besar manusia pada zaman sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya merokok, mulai dari yang tua, muda, bahkan anak kecil sekalipun juga terjerumus dalam penggunaan rokok ini di karnakan pergaulan yang di lakukan oleh anak tersebut.

Pada zaman sekarang hidup tanpa rokok itu ibarat mustahil di karnakan sudah tercandu dengan yang namanya zat nikotin yang berbahaya. Bahkan di zaman  sekarang rokok sudah menjadi kebiasaan orang di indonesia.

Ada selogan yang mengatakan bahwa rokok membunuhmu. Jadi marilah kita menjaga keesehatan dengan tidaak menkonsumsi rokok ssecara berlebihan agar terhindar dari yang namanya kematian.

Kita harus menerapkan hidup bersih dan sehaat dengan cara berolahraga,makan makanan yang bergizi dan memiliki pola tidur yang teratur.Perokok selalu mempunyai nafas yang berbau dan mudah mendapat penyakit mulut dan gusi serta gigi menjadi kuning,serta karang gigi yang menumpuk.

Untuk hal ini pemerintah sudah mengingatkan pada iklan dan bungkus rokok bahwa rokok dapat mengakibatkan kematian.Karena kadang untuk bisa sembuh dari pecandu perjuangannya sangat berat apalagi pada seorang yang sudah pecandu rokok.

Mari ajak teman-teman Anda untuk semakin giat melakukan kampanye bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita.