Baru, Ini Direktur Jenderal Imigrasi

Nasional113 Views

Jakarta, BERBAGI News – Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Andap Budhi Revianto, mengatakan Direktur Utama PT Krakatau Steel, Silmy Karim, terpilih menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham berdasarkan hasil proses seleksi yang terdiri dari berbagai tahapan.

“Dengan adanya pejabat definitif, pelayanan imigrasi diharapkan akan semakin lebih baik dan optimal,” kata Revianto, melalui keterangan tertulisnya, Senin (26/12/2022).

Revianto mengatakan, dengan terpilihnya Karim, maka Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham memiliki direktur jenderal definitif yang sebelumnya diisi pelaksana tugas, Widodo Ekatjahjana.

Karim ditunjuk sebagai dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan ketetapan yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 165/TPA/2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenkumhan. 

Revianto yang juga ketua Panitia Seleksi Dirjen Imigrasi mengatakan Karim terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi terbuka.

Mulai dari proses administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang berupa penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui asesmen oleh Badan Kepegawaian Negara, hingga wawancara tim panitia seleksi. 

Penilaian tersebut dilakukan tim panitia seleksi yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan, yaitu internal Kemenkumham, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Lembaga Administrasi Negara. 

Berdasarkan hasil penilaian tim, Karim menjadi salah satu dari tiga peserta terbaik yang direkomendasikan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly. Setelah itu Laoly mengajukan ketiga nama tersebut kepada Tim Penilai Akhir Pimpinan Tinggi Utama dan Madya.

Hal itu sebagaimana ketentuan Peraturan Presiden Nomor 177/2014 tentang Tim Penilai Akhir Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian dalam dan dari jabatan Pimpinan Tinggi Utama dan Pimpinan Tinggi Madya.

Menyusul penetapan Direktur Jenderal Imigrasi tersebut selanjutnya Kemenkumham akan menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

Baca Juga :  Terapkan Strategi Inklusif, Kominfo Dorong Kolaborasi Percepat Transformasi Digital

Sementara itu, Direktur Utama PT Krakatau Steeel (Persero) Tbk Silmy Karim membenarkan kabar dirinya terpilih menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham). Dengan terpilihnya sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham, artinya Silmy harus meninggalkan posisinya sebagai Direktur Utama Krakatau Steel.

Silmy mengatakan masa aktifnya di Krakatau Steel akan berakhir saat dirinya resmi dilantik sebagai Dirjen Imigrasi.

“Pelantikan (sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham) Januari 2022. (Masa aktif sebagai Dirut Krakatau Steel) sampai nanti dilantik,” katanya.

Silmy mengaku bahwa dirinya sudah memberitahukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, terkait dengan kabar dirinya terpilih sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

“Sudah ada komunikasi tentunya. Kan saya selalu lapor,” ucapnya.

Sekadar informasi, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim diketahui mendaftar menjadi Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham.

Silmy masuk dalam daftar seleksi bersama dengan 29 orang pendaftar lainnya. Nama Silmy terdaftar di calon Dirjen Imigrasi dengan nomor registrasi 1-013. Ia mendaftar dari jalur Non-ASN.