Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Mekarsari, KKN Terpadu Unram buat Sirup Gula Aren

Lombok barat, BERBAGI News – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pembuat gula aren, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Mataram (Unram) bekerjasama dengan BUMDes Desa Mekarsari, Ibu-ibu PKK, dan masyarakat pembuat gula aren membuat sirup gula aren yang 100% terbuat dari nira aren. Sabtu (07/01/2022).

Keluhan masyarakat pembuat gula aren adalah nilai jual dari gula aren berkisar dari tujuh sampai sepuluh ribu per batang yang tidak sesuai dengan susahnya perjungan masyarakat untuk bisa membuat satu batang gula aren, dimana setiap pagi dan sore mereka harus mengumpulkan nira aren yang hasilnya tidak menentu, harus mencari kayu bakar untuk memasak gula aren, harus menunggu pemasakan tujuh sampai dua belas jam hingga bisa dicetak menjadi gula batang .

Ketua kelompok KKN Terpadu Unram desa Mekarsari Meski, Eko Pratandi menyatakan, meski awalnya agak susah untuk meyakinkan masyarakat yang bisanya memproduksi gula aren batang untuk memproduksi sirup gula aren, mahasiswa KKN bisa meyakinkan masyarakat dengan berkunjung ke rumah-rumah produksi gula aren dan menjelaskan kelebihan sirup gula aren dibandingkan dengan gula aren batang.

“Akhirnya terobosan dari kami ini disambut baik oleh masyarakat karna memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan gula aren batang yang diantaranya tampilan yang lebih moderen, lebih praktis, waktu pemasakan yang lebih cepat, penyusutan yang lebih sedikit, dan kayu yang digunakan pun lebih sedikit,” ungka Eko.

KKN Terpadu Unram juga, jelas Eko menggunakan ecommerce dan media sosial untuk memasarkan produk masyarakat pembuat gula aren sehingga produk yang dihasilkan masyarakat tidak hanya dipasarkan di pulau Lombok saja, akan tetapi bisa menjangkau pasar yang berada di luar pulau Lombok juga.   

Baca Juga :  Internship, 4 Wanita Cantik ini Terbang Magang ke Narita Jepang

“Selain memanfaatkan ecommerce dan media sosial, kami juga berusaha untuk memasok produk sirup gula aren ke pasar moderen seperti NTB Mall,” katanya.

Desa Mekarsari adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Gunungari dengan kontur tanah perbukitan dengan jumlah penduduk  2.326 jiwa. Mayoritas mayarakat Mekarsar, terutama di Dusun Ranjok Barat dan Ranjok Timur berpofesi sebagai petani dan pembuat gula aren, hampir setiap rumah mempunyai tempat produksi gula aren.

Mahasiswa kelompok KKN Terpadu Unram desa Mekar Sari berharap, dengan hadirnya mahasiswa KKN bisa memberikan manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat terutama dalam pengolahan gula aren di Desa Mekarsari. (red)