KKN Unram Lenek Daya : Kelola Sampah dengan metode 5R, Pembuatan POC dan Ecobrick

BERBAGI News – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Mataram Periode 2022 – 2023 melakukan sosialisasi 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle dan Rot) serta Pembuatan Organik Cair (POC) dan Pembuatan Ecobrick yang bertemakan Zero Waste.

Konsep utama dari zero waste (bebas sampah) ini merupakan metode 5R, yaitu Refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) dan Rot (membusukan). Pada intinya, gaya hidup zero waste akan menuntut kita untuk bijaksana dalam menggunakan produk yang dapat menghasilkan limbah. Gaya hidup ini sudah semakin banyak digunakan dalam kehidupan modern sehari-hari kita, begitupun dengan peternakan.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Januari 2023 pukul 09.00 bertempat di Rumah Salah Satu Kader Desa Lenek Daya Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur. Sosialisasi ini dihadiri oleh warga Desa Lenek Daya yang dikhususkan pada 5 Dusun yaitu Keroak, Keroak Timuk, Mujahidin, Mujahidin Timuk, dan Kebon Talo.

Ketua Kelompok KKN-T Desa Lenek Daya, Rahman, menyampaikan ucapan rasa terimakasih kepada pihak desa dan masyarakat yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan sosialisasi terkait pemilahan sampah organik, anorganik dan B3 dapat terlaksana dengan lancar.

“Kegiatan ini sebagai wadah untuk menginformasikan cara mengelola sampah rumah tangga agar sampah tidak hanya berhenti di tangan pertama dan sampah diharapkan bisa diolah secara kreatif oleh masyarakat agar memiliki nilai ekonomis,” katanya.

Sementara, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lenek Daya, Misbah, S.E, mendukung penuh kegiatan dan upaya Mahasiswa KKN-T UNRAM 2022/2023 di Desa Lenek Daya dalam mengupayakan penanganan sampah yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Dalam sosialisasi ini hadir pemateri dari Earth Hour Mataram, Wibisono Setiyoadi, S. Ak.  memaparkan materi mengenai pengelolaan sampah dengan metode 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle dan Rot). Usai pemaparan materi teori dilaksanakan demonstrasi sederhana tentang pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan pembuatan ecobrick.

Baca Juga :  Era Digital, KKN Tematik Unram : Upgrading Kualitas UMKM Desa Suralaga

Sosialisasi ini merupakan program kerja lanjutan KKN-T Desa Lenek Daya. Program kerja sebelumnya merupakan sosialisasi pemilahan sampah organik, anorganik dan B3 yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Lenek Daya dalam menerapkan lingkungan bebas sampah serta rasa kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungannya dengan memilah sampah terlebih dahulu sebelum dibuang.

Sehubung dengan tujuan sosialisasi sebelumnya, sosialisasi pengelolaan sampah dengan metode 5R kali ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Desa Lenek Daya dalam menerapkan metode 5R serta pemanfaatan sampah melalui pembuatan pupuk organik cair (POC) dan pembuatan ecobrick berbasis rumah tangga agar sampah yang khususnya sampah rumah tangga tidak hanya berakhir di TPA sehingga dapat menjaga sumber daya dan melestarikan alam. (red).