Mahasiswa KKN-T Unram gelar Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik, Anorganik dan B3 di Desa Lenek Daya

Lombok Timur, BERBAGI News – Sampah merupakan masalah yang umum dihadapi oleh masyarakat pada umumnya. Sampah yang tidak terkelola dengan baik akan menjadi tempat berkembangbiaknya kuman penyakit serta vektor penyakit. Selain itu sampah juga berperan dalam mencemarkan lingkungan seperti air, tanah dan udara.

Ketidaktahuan masyarakat dalam cara penanganan sampah membuat sampah menjadi sumber masalah dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Ketidaksadaran akan pengelolaan sampah organik, anorganik dan B3 merupakan permasalahan yang terlihat dalam masyarakat Desa Lenek Daya. Oleh karena itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Mataram 2022/2023 Desa Lenek Daya, Kec. Lenek, Kab. Lombok Timur, yang mengusung tema “Zero Waste” memiliki salah satu program kerja yaitu menyelenggarakan sosialisasi pemilahan sampah organik, anorganik dan B3 kepada masyarakat Desa Lenek Daya. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengarahan terhadap masyarakat tentang pemilahan sampah organik, anorganik, dan B3 agar dapat diterapkan di rumah masing-masing.

Acara sosialisasi ini dilaksanakan pada Hari Jumat, 30 Desember 2022 pukul 08.00 bertempat di Rumah Kader Desa Lenek Daya diikuti sekitar kurang lebih 20 orang audiens.

Ketua Kelompok KKN-T Desa Lenek Daya, Rahman, menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak desa dan masyarakat yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan sosialisasi terkait pemilahan sampah organik, anorganik dan B3 dapat terlaksana dengan lancar.

“Tujuan dan harapan saya dari keberlangsungan sosialisasi ini adalah sebagai wadah untuk menginformasikan cara menangani sampah rumah tangga agar sampah tidak hanya berhenti di tangan pertama dan sampah diharapkan bisa diolah oleh masyarakat agar memiliki nilai ekonomis,” katanya.

Rahman juga berharap masyarakat dapat menciptakan lingkungan bebas sampah dengan memilah sampah terlebih dahulu sebelum dibuang.

Baca Juga :  Peduli Abrasi Pantai, KKN Unram Tanam 500 bibit mangrove di Sekotong

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lenek Daya, Misbah, S.E, mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan dan upaya Mahasiswa KKN-T UNRAM 2022/2023 di Desa Lenek Daya dalam mengupayakan menangani sampah yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Bapak Mawan Syahalam, S.H selaku perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur menyampaikan materi yang meliputi pembagian jenis sampah, pemilahan sampah serta pemanfaatan sampah organik dan anorganik. Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan mengenai cara pembuatan pupuk kompos dari sampah organik, budidaya ternak maggot, dan pembuatan Biogas. (red)