Calon Pendidik Masa Depan, KKN Unram Mengajar di PAUD dengan Menyenangkan

Lombok Barat, BERBAGI News – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) KKN Terpadu Universitas Mataram di Desa Mekarsari Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat melakukan kegiatan mengajar di PAUD Bangkit Ranjok Timur Desa Mekarsari.

Hal tersebut dilakukan kata Ketua KKN Unram Desa Mekarsari, Eko Pratandi, sebagai sarana mengasah kemampuan mengajar di lingkungan sekolah juga sebagai sarana berbagi ilmu antar mahasiswa, peserta didik dan guru PAUD Bangkit di desa ini. KKN terpadu terpadu kali ini dilaksanakan secara luring di era new normal.

“Kegiatan KKN Mengajar merupakan kegiatan belajar mengajar dengan konsep belajar sambil bermain untuk anak usia dini,” kata Eko melalui rilis yang diterima media BERBAGI News di Mataram. Sabtu (21/01/2023).

Pada kegiatan mengajar ini, jelas Eko, ia dan mahasiswa KKN membantu memberikan, menyiapkan bahan ajar dan LKPD sesuai dengan tema dan kelompok usia peserta didik. Pada kegiatan belajar mengajar dengan pengkondisian kelas semua pesera didik dan guru duduk bersama dilantai.

“Agar pembelajaran lebih dekat antara guru dengan peserta didik dan juga secara tidak langsung mengajarkan bahwa semua orang setara,” harapnya.

Tema yang dipilih dan digunakan merupakan tema yang susuai dengan indikator dan kompetensi dasar yang tertera dalam permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD dan disesuaikan dengan usia perserta didik agar dapat menstimulus tumbuh kembang peserta didik.

Mahasiswa KKN mengajar secara bergantian selama 3 hari dalam seminggu yaitu hari selasa, rabu, dan kamis.

Lebih lanjut Maria menerangkan, kegiatan ini dapat membantu anak dalam menstimulus tumbuh kembangnnya diantarannya perkembangan kognitif, sosial emosional, fisik motorik, nilai agama dan moral, bahasa dan seni.

“Dalam menstimulus perkembangan fisik motorik peserta didik melalui kegiatan yang melibatkan fisik dan motorik salah satunya kegiatan senam yang dilaksanakan tiap hari kamis, setelah kegiatan senam mahasiswa biasanya mengadakan kegiatan permainan yang melibatkan fisik anak. Selain itu dalam mengasah keterampilan dan kreativitas peserta didik kami menggunakan berbagai kegiatan seperti menggambar dan mewarnai,” paparnya.

Baca Juga :  Bendungan Meninting, Hutan Gundul Bencana Muncul

Proses belajar juga dilaksanakan secara menyenangkan. Mahasiswa yang terlibat menjelaskan tema tidak menempatkan diri sebagai tutor malainkan sebagai teman, sehingga diskusi antara peserta didik dan pengajar mengalir dua arah menjadi metode dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Mahasiswa membantu peserta didik menstimulus perkembangannya mengenai tema yang dibahas menggunakan bahan ajar yang disiapkan baik bahan ajar maupun bahan ajar melalui gambar, pada akhir kegiatan belajar mengajar mahasiswa melakukan recalling guna mengingatkan kembali mengenai apa yang telah dipelajari sebelumnya.

Mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram mendapat sambutan baik dari guru, orang tua dan peserta didik dilihat dari respon yang diberikan sangat baik, selain itu guru juga merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN Terpadu Unram di Desa Mekarsari.

Program kegiatan ini berdampak pada semakin dekatnya mahasiswa dengan peserta didik sekitar dan juga menambah pengalaman mengajar langsung di lingkungan sekolah yang pasti akan dialami oleh mahasiswa calon pendidik masa depan. (**)