Aksi Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Unram Tanam 1.000 Pohon Buah di Mekarsari

Oleh: KKN Unram, Editor: Ahmayadi

Lombok Barat, BERBAGI News – Melihat potensi yang dimiliki Desa Mekarsari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat dibidang pertanian dan perkebunan serta pemanfaatan lahan perkarangan untuk menanam berbagai sayur mayur guna penambah penghasilan bagi penduduk Desa.

Hal tersebut selaras dengan program kerja Mahasiswa Unram untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Mekarsari, Gunung Sari seperti melakukan penanaman bibit buah – buahan sebagai aksi peduli lingkungan. Sabtu, (31/12/22)

Dalam melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan ini sebagai langkah awal merespon masyarakat agar peduli penghijauan di Desa Mekarsari, melestarikan buah-buahan, meminimalisir ekonomi masyarakat dan memperkuat bantaran agar tidak rawan longsor.

Proses perolehan 1.000 bibit ini dimulai dari pengiriman proposal permohonan bibit ke Lingkungan Hidup dan kehutanan, setelah mendapat persetujuan, tim KKN terpadu Universitas Mataram mengumpulkan bibit tersebut di posko, selanjutnya menetapkan dan memilih penanaman bibit pohon di dusun ranjok timur.

Proses pembagian bibit dilakukan dengan membagi pada setiap dusun 250 bibit yang difokuskan di dusun ranjok timur RT 04. Kegiatan penanaman bibit pohon secara serentak yang dilakukan oleh masyarakat, karang taruna, BUMDES, ketua masing-masing Dusun, dan perangkat desa Mekarsari.

Bapak Sahabbudin selaku Ketua RT. 04 langsung menghimbau kepada masyarakat Ranjok Timur melalui pengeras suara Masjid untuk berkumpul di lokasi penanaman bibit dan secara serentak memulai penanaman bibit pohon buah sampai kegiatan selesai.

Program ini dilaksanakan dan diupayakan agar berjalan sebaik mungkin dan memberikan manfaat bagi Desa dan masyarakat sekitar.
Seperti yang kita ketahui durian, alpukat, matoa, dan rambutan merupakan jenis bibit buah-buahan yang kami tanam di dusun ranjok timur RT 04.

Baca Juga :  Pupuk Langka, KKN Tematik Unram Desa Segara Katon Buat Pupuk Kompos

Harapan kedepannya melalui kegiatan penghijauan ini dapat memberikan manfaat terhadap lingkungan khususnya untuk kelangsungan sumber daya air seperti menjaga kualitas air mencegah erosi, mencegah banjir, dan mengontrol iklim, selain untuk manfaat penghijuan alam, diharapkan setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat dapat memanfaatkan buah yang dihasilkan oleh setiap pohon dan bisa menjadi sumber ekonomi bagi Masyarakat sehingga kondisi alam dan lingkungan sekitar dapat bertumbuh menjadi lebih asri. (**)