Berdayakan Jamur di Desa Peteluan Indah, KKN Unram buat Jamur Krispi

BERBAGI News – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) melaksanakan kegiatan Desa Preneur melalui pembuatan jamur krispi.

Kegiatan ini memiliki program kerja utama yang berfokus pada pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA) desa melalui bisnis kreatif.

Petani jamur di desa Peteluan Indah yang baru memulai usahanya memiliki beragam permasalahan salah satunya ialah over produksi dan jamur yang tidak laku dipasar,  petani-petani jamur mengeluh jamur tidak dapat bertahan lama meskipun dalam kulkas sekalipun akan mengubah teksturnya.

Ketua kelompok KKN Terpadu Unram desa Peteluan Indah, Wira Hardiansyah menyatakan, meski awalnya agak susah untuk mengajak masyarakat untuk mau memproduksi Jamur, namun ia dan kawan lainnya berupaya mengenalkan kepada masyarakat bahwa produk jamur krispi ini berkualitas selain rasanya enak dan memiliki berbagai varian rasa serta masyarakat juga didatangi tiap dusun untuk mencicipi langsung produk jamur krispi (JAMPY).

“Akhirnya terobosan dari kami ini disambut baik oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan modal utama yang terbilang terjangkau untuk memulai,” ungkap Wira sesuai rilis yang diterima melalui pesan WA. Jumat (27/01/2023).

Kegiatan tersebut yang berlangsung Selasa (17/01/2022), kata Wira, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani jamur yang baru dirintis, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Mataram (Unram) bekerjasama dengan BUMDes Desa Peteluan Indah, Ibu-ibu PKK, dan petani jamur membuat Jamur krispi (JAMPI).

KKN Terpadu Unram juga, jelas Wira menggunakan ecommerce dan media sosial untuk mempromosikan sekaligus memasarkan produk jamur krispi, selain itu Tim KKN kami akan membantu memasarkan dari kios ke kios agar masyarakat lebih kenal dengan produk asli desa Peteluan  Indah.

Desa Peteluan Indah merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat,Indonesia. Desa Peteluan Indah sendiri merupakan satu dari 10 desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Lingsar. beberapa masyarakat di Desa Peteluan Indah mulai membudidayakan jamur tiram sebagai sumber pendapatan mereka. Saat ini sudah ada dua petani jamur.

Baca Juga :  Aksi Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Unram Tanam 1.000 Pohon Buah di Mekarsari

Jamur yang dihasilkan perhari biasanya mencapai 4 sampai 5 kilogram dan paling banyak bisa mencapai 9 kilogram. Hasil jamur yang dibudidayakan masih berupa bahan mentah dan bukan berupa bahan olahan.

Mahasiswa kelompok KKN Terpadu Unram desa Peteluan Indah berharap, dengan hadirnya mahasiswa KKN bisa memberikan manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat terutama dalam pengolahan Jamur di Desa Peteluan Indah.

Kelompok KKN Desa Preneur Periode Desember 2022– Februari 2023 diketuai Wira Hardiansyah. Sementara, anggota tim terdiri atas  Indri Srimulyani, Hardianti rukmana, Irna Mulyani, Rona Uli Manurung, Saprianti Febyana, Siti Jamila, Nurhasanah, Qudusiah Siti Rahayu dan Dayu Irmasuci. (**)