Sirup Gula Aren Olahan KKN Unram, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Mekarsari

Oleh: KKN Unram Desa Mekarsari

Lombok Barat, BERBAGI News – Mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram (Unram) periode 2022/2023 Desa Mekarsari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat melakukan sosialisasi mengenai Pengolahan Nira Aren menjadi Sirup, Pembuatan Izin Usaha, Serta Branding dan Digital Marketing pada tanggal 14 Januari 2023 yang bertempat dirumah kepala desa Mekarsari.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala Desa Mekarsari H. Nasrudin S.H, pemateri dari NTB Mall, ibu-ibu PKK, serta masyarakat desa Mekarsari.

Sekretaris KKN Terpadu Unram, Nurfathanah mengatakan, masyarakat desa Mekarsari sebagian besar mata pencaharian sebagai pengolah gula aren batangan dengan harga yang tidak seberapa. Dengan harga jual yang dipasarkan tidak sebanding dengan rasa capeknya para warga yang membuat gula aren tersebut.

“Maka dari itu, kami mahasiswa KKN terpadu Unram membuat inovasi baru berupa gula aren cair atau sirup gula aren yang lebih praktis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa Mekarsari,” katanya melalui rilis yang diterima. Jumat (27/01/2023).

Nur menerangkan, langkah awal pembuatan sirup gula aren adalah penyaringan, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada pada nira, langkah kedua yakni proses pendidihan, nira aren dimasak sampai kekentalannya 70-80%. Setelah proses pendidihan selanjutnya adalah proses pendinginan, proses ini dilakukan sebelum sirup nira aren dikemas didinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan. Proses terakhir adalah pengemasan, setelah sirup gula aren dingin Langkah terakhir yakni dikemas kedalam botol berisi 200ml yang telah disediakan.

Selain pengolahan nira aren menjadi sirup mahasiswa KKN terpadu UNRAM juga melakukan sosialisasi mengenai digital marketing untuk menambah nilai jual sirup gula aren agar dikenal oleh masyarakat Lombok.

Tri Endah Tresnawati, Narasumber dari NTB Mall mengatakan pemasaran sirup nira aren dengan memanfaatkan sosial media yang ada seperti Facebook dan Instagram, maka dengan memanfaatkan itu semua bisa hemat waktu dan tenaga.

Baca Juga :  Akibat ilegal Logging, Kering dan Menyusutnya Air di Bendungan DAM Pela Parado Bima

“Daya tarik para pembeli berupa logo yang bagus, kata-kata yang menarik, dan kemasan yang rapih, maka dengan demikian produk yang kita pasarkan akan laku didalam daerah maupun luar daerah,” ungkap Tri. 

KKN Unram berharap dengan melakukan kegiatan sosialisasi ini khususnya ibu-ibu PKK dan masyarakat dapat  berpartisipasi dalam pengolahan sirup nira aren. Sehingga produk ini nantinya dapat terjual diluar pulau Lombok. (**)